Salin Artikel

Kim Jong Nam Diyakini Bawa Obat Penawar saat Diracun

KUALA LUMPUR, KOMPAS.com - Kim Jong Nam, saudara tiri pemimpin tertinggi Korea Utara Kim Jong Un, diyakini memiliki dan membawa obat penawar pada saat dirinya diracun di Bandara Internasional Kuala Lumpur, 13 Februari 2017.

Kim Jong Nam dipercaya membawa lusinan botol obat penawar racun di dalam tas yang dibawanya saat hari kejadian. Obat penawar yang bisa untuk menangkal racun syaraf yang menyebabkan kematiannya.

Ahli toksiologi Dr K Sharmilah kepada pengadilan yang dilangsungkan Rabu (29/11/2017) mengatakan, botol yang dibawa Kim Jong Nam berisi atropin yang bisa menjadi penawar untuk racun saraf VX maupun insektisida.

Namun, Dr Sharmilah tidak dapat memastikan apakah botol tersebut sudah ditandai dalam bahasa Korea. Demikian dilaporkan kantor berita Bernama dan dikutip The Guardian.

Kim Jong Nam yang tinggal di Macau selama pengasingan, mengkritik pemerintahan dinasti yang dilakukan keluarganya.

Saudaranya, yang juga Presiden Korea Utara Kim Jong Un lantas mengeluarkan perintah eksekusi padanya. Setidaknya demikian yang dipercaya beberapa anggota parlemen Korea Selatan.

Kim Jong Nam kemudian terbunuh akibat racun saraf VX saat berada di bandara Kuala Lumpur. Tersangkanya adalah dua wanita yakni Siti Aisyah yang berkewarganegaraan Indonesia dan Doan Thi Huong asal Vietnam.

Pengacara kedua tersangka, mengatakan kliennya tidak mengetahui telah memaparkan racun pada Kim Jong Nam dan mengira sedang syuting sebuah acara realitas untuk program televisi.

Sementara Korea Utara membantah tuduhan terlibat dalam pembunuhan tersebut seperti yang dikatakan pejabat Korea Selatan.

https://internasional.kompas.com/read/2017/12/01/15243051/kim-jong-nam-diyakini-bawa-obat-penawar-saat-diracun

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.