Salin Artikel

Turis AS Ditahan Polisi Thailand karena Foto Tak Senonoh di Kuil Budha

BANGKOK, KOMPAS.com - Kepolisian Thailand menahan dua orang turis asal AS atas tuduhan melakukan perilaku tak pantas di sebuah obyek wisata di Bangkok.

Joseph dan Travis Dasilva (38) sedang mengunjungi kuil Wat Arun, kuil Budha bersejarah yang paling terkenal di ibu kota Thailan, saat mereka berfoto sambil memperlihatkan pantat mereka dengan menghadap ke arah kuil.

Foto tersebut kemudian mereka unggah di akun Instagram milik keduanya, Traveling Butts.

Melalui akun yang kini telah dihapus itu diketahui kedua warga AS tersebut juga telah melakukan hal serupa di sejumlah lokasi terkenal di beberapa negara.

Foto tersebut dengan cepat menyebar secara online dan menarik perhatian polisi Thailand yang langsung memasukkan keduanya dalam daftar pengawasan.

Atas tindakan tak pantas itu, keduanya ditahan di bandara saat hendak meninggalkan Thailand pada 28 November.

Otoritas Thailand kemudian mengharuskan keduanya membayar denda sebesar 150 dolar AS atau sekitar Rp 2 juta atas perbuatan tak senonoh di muka publik.

Thailand mengambil tindakan tegas terhadap tindakan yang dinilai merendahkan atau menghina ajaran Budha.

"Setelah mereka melalui dakwaan pihak imigrasi Thailand akan mencabut visa dan mendeportasi mereka," kata Kolonel Choengron Rimpadee kepada BBC.

"Keduanya juga telah dimasukkan dalam daftar hitam untuk kembali masuk ke Thailand," tambahnya.

Tak hanya denda, kepolisian Thailand tengah mengajukan persetujuan dari pengadilan untuk menuntut kedua turis AS itu dengan Undang-undang Kejahatan Komputer, di mana keduanya dapat diancam dengan hukuman penjara.

https://internasional.kompas.com/read/2017/11/30/15504351/turis-as-ditahan-polisi-thailand-karena-foto-tak-senonoh-di-kuil-budha

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.