Salin Artikel

Hubungi Xi Jinping, Presiden Trump Desak China Bujuk Korea Utara

WASHINGTON, KOMPAS.com - Presiden AS Donald Trump mengaku telah menghubungi pemimpin China Xi Jinping terkait isu uji coba misil balistik Korea Utara.

Trump melalui akun Twitternya menulis baru saja berbicara dengan Xi Jinping dan membahas tentang tindakan provokatif yang dilakukan Korea Utara.

Trump juga kembali menegaskan akan mengatasi situasi tersebut dan berjanji akan ada sanksi tambahan kepada Korea Utara.

"Sanksi tambahan akan dijatuhkan pada Korea Utara hari ini. Situasi saat ini akan dapat dikendalikan," tulis Trump.

Trump, lanjut pernyataan Gedung Putih, juga menekankan perlunya peran China dalam menggunakan seluruh kemampuannya untuk meyakinkan Korea Utara agar mau mengakhiri tindak provokatif dan kembali ke jalur denuklirisasi.

Dikutip dari SCMP, Xi menyampaikan kepada Trump bahwa China tetap berpegang pada tujuan mencapai denuklirisasi semenanjung Korea, menjaga rezim nuklir tak meluas secara internasional, dan menjaga stabilitas perdamaian di Asia Timur Laut.

Xi menambahkan akan siap menjaga komunikasi dengan AS dan pihak berpengaruh lainnya untuk menekan isu nuklir ke arah perdamaian melalui dialog dan negosiasi.

https://internasional.kompas.com/read/2017/11/29/23553761/hubungi-xi-jinping-presiden-trump-desak-china-bujuk-korea-utara

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.