Salin Artikel

Inggris Berencana Rekrut 5.000 Perawat dari India dan Filipina

LONDON, KOMPAS.com - Pelayanan Kesehatan Nasional Inggris (NHS) berencana mempekerjakan sekitar 5.000 perawat dari India dan Filipina.

NHS mengaku saat ini tengah kekurangan staf terutama perawat menyusul meningkatnya lulusan keperawatan Inggris yang meninggalkan profesinya itu.

Ditambah penurunan drastis jumlah perawat yang bekerja di Inggris dari Uni Eropa.

Penurunan tersebut dipicu kemarahan setelah Kementerian Kesehatan mengisyaratkan akan adanya reformasi di NHS terkait gaji perawat dan bidan mengikuti perubahan kontrak untuk dokter muda.

Menteri Kesehatan Jeremy Hunt mengatakan, struktur pembayaran yang lebih profesional dibutuhkan untuk lebih dari 1 juta pekerja, yang saat ini bisa melonjak hingga 60 persen untuk kerja akhir pekan.

Namun Hunt menegaskan, pemerintah tidak bermaksud mengurangi tagihan dan akan tetap meneruskan pembayaran lebih bagi pekerja di akhir pekan.

Hanya saja, dia menyarankan agar kontrak untuk dokter muda juga bisa diterapkan untuk pekerja yang lain. Menurutnya hal tersebut cukup masuk akal.

Pejabat dari Pendidikan Kesehatan Inggris sebelumnya mengatakan akan merekrut sekitar 5.000 perawat dari India dan Filipina. Diawali dengan 500 rekrutan dari India pada Maret tahun depan.

Kepala Eksekutif Profesor Ian Cumming menyebut rencana tersebut dilandasi pemikiran bahwa perawat dari luar negeri akan mendapat pelatihan dan ditempatkan di Inggris, dan setelah kembali ke tempat asal mereka sudah dengan keterampilan baru.

Prof Cumming menambahkan cara tersebut akan membantu NHS dalam memenuhi kebutuhan perawat sekaligus membantu negara lain dalam hasil jangka panjang.

https://internasional.kompas.com/read/2017/11/29/18110511/inggris-berencana-rekrut-5000-perawat-dari-india-dan-filipina

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.