Salin Artikel

Pesawat Jet Rusia Lakukan Manuver Berbahaya Terhadap Pesawat AS

WASHINGTON, KOMPAS.com - Pesawat jet Su-30 milik Rusia dilaporkan melakukan sebuah manuver berbahaya terhadap pesawat milik AS di atas Laut Hitam.

Disampaikan Pentagon kepada CNN, Senin (27/11/2017), jet Rusia tersebut melakukan pencegatan terhadap pesawat P-8A Poseidon milik AS.

"Pesawat kami sedang melintas di atas wilayah udara internasional dan tidak melakukan apapun yang memicu tindakan jet Rusia," kata jurubicara Pentagon Letnan Kolonel Michelle Baldanza.

Aksi pesawat jet Rusia itu dianggap berbahaya karena melintas di depan pesawat AS dari sisi kanan ke kiri sambil menambah kecepatan.

"Tindakan tersebut mengakibatkan pesawat P-8A milik AS terpengaruh daya dorong pesawat jet Rusia dan mengalami goncangan sekitar 15 derajat dan turbulensi yang cukup keras," kata Baldanza.

Pesawat jet Rusia tersebut juga dilaporkan memasuki wilayah lintasan pesawat AS dengan jarak hanya 15 meter. Insiden tersebut dilaporkan selama 24 menit.

"Tindakan sembrono itu berpotensi membahayakan seluruh awak pesawat yang terlibat," tambah Baldanza.

Insiden pesawat udara AS dengan Rusia terakhir dilaporkan terjadi di bulan Juni.

Saat itu pesawat Su-27 milik Rusia terbang di atas pesawat AS RC-135 yang sedang dalam misi pengintaian di Laut Baltik.

https://internasional.kompas.com/read/2017/11/28/19280821/pesawat-jet-rusia-lakukan-manuver-berbahaya-terhadap-pesawat-as

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.