Salin Artikel

Menerka Biaya Pernikahan Pangeran Harry dan Markle

Perencana pernikahan mewah berbasis di London, Aimee Dunne, menyebut, biaya pernikahan pewaris takhta kelima Kerajaan Inggris itu tidak mungkin hanya sekitar 670.000 dollar AS atau Rp 9 miliar.

Biaya dapat meroket hingga jutaan dollar ketika petugas keamanan yang dikerahkan lebih banyak.

Dilansir dari CNN, Senin (27/11/2017), berikut beberapa hal seputar perkiraan biaya pernikahan Harry dan Markle.

Siapa yang membayar?

Tentu saja ayah Pangeran Harry. Pangeran Charles tampaknya yang paling banyak membayar tagihan upacara dan resepsi pernikahan pada musim semi tahun depan meskipun kebiasaan menyebutkan sebaliknya.

"Secara tradisional yang membiayai pernikahan memang keluarga mempelai perempuan, tetapi tidak dalam kasus ini," kata Kate Williams, sejarawan dan pakar kerajaan.

Pernikahan kakak Harry, William, dan istrinya, Catherine, juga berlaku demikian.

Kendati Pangeran Charles mendanai pernikahan itu lebih besar, William mengatakan, keluarga Catherine juga berkontribusi banyak.

"Kami akan melihat keputusan keluarga Markle," kata Pangeran William.

Resepsi

Kedua pasangan dapat menghindari biaya penyewaan gedung resepsi dengan menggunakan properti milik Ratu Elizabeth II dan keluarganya.

Sebelumnya, William dan Catherine menyelenggarakan dua resepsi di Buckingham Palace yang terdiri atas jamuan makan siang untuk 600 tamu, dengan Ratu sebagai tuan rumah untuk bangsawan dan pejabat tinggi di Inggris.

Berikutnya, pesta pada malam hari digelar untuk menyambut 300 teman dan anggota keluarga.

"Dengan jumlah tamu sekitar 500 orang, biaya paling realistis menyentuh 200.000 dollar AS (Rp 2,7 miliar)," kata Dunne.

Gaun pernikahan Markle dikabarkan bakal dirancang perancang baju terkenal, begitu pula dengan pakaian yang akan dikenakan Pangeran Harry.

Sebelumnya, keluarga Catherine menyebutkan telah membayar gaun rancangan Alexander McQueen, tetapi harga dari gaun itu tidak pernah dirilis.

Keamanan

Ini salah satu biaya terbesar. Setidaknya 5.000 polisi mengamankan pesta pernikahan William dan Catherine. Pemerintah kota London dan Kerajaan Inggris disebut yang harus membayar biaya tersebut.

Tagihan final untuk keamanan tidak pernah diketahui, tetapi pemerintah memberikan bantuan dana 4,8 juta dollar AS atau Rp 64 miliar untuk membayar uang lembur petugas.

Jika Harry dan Markle memutuskan mengadakan pernikahan di pusat London, biayanya diperkirakan juga besar.

"Tentu saja situasi telah berubah dibandingkan dengan pernikahan kerajaan sebelumnya, jadi keamanan harus lebih ketat," kata William.

Biaya ekonomi

Warga Inggris mendapat satu hari libur ketika William dan Catherine menikah. Pernikahan Charles dan Diana juga dideklarasikan sebagai hari libur spesial, begitu pula dengan pernikahan adik Charles, Putri Anne.

Pusat Penelitian Ekonomi dan Bisnis melaporkan, setiap liburan mengurangi produksi ekonomi 3 miliar dollar AS atau Rp 40 triliun.

Beberapa berpendapat, peningkatan pariwisata dari luar negeri akan membantu mengimbangi biaya pernikahan kerajaan, tetapi Badan Statistik Nasional Inggris menemukan sedikit bukti dari fenomena tersebut pada 2011.

https://internasional.kompas.com/read/2017/11/28/11585181/menerka-biaya-pernikahan-pangeran-harry-dan-markle

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.