Salin Artikel

Trump Kembali Pamer Jet Tempur "Siluman" Milik AS

Pria berusia 71 tahun itu kembali memamerkan kekuatan militernya di sebuah pertemuan dengan penjaga pantai pada acara kunjungan presiden dalam perayaan Thanksgiving di Pusat Penjaga Pantai Florida, Kamis (23/11/2017).

Dilansir dari The Guardian, pesawat yang dimaksud adalah pesawat F-35 yang tidak terlihat. Jet tempur itu meski berukuran kecil, namun didesain agar tidak terlihat oleh radar pesawat konvensional.

Trump mengaku terus mendiskusikan mengenai pesawat siluman itu dengan Angkatan Udara AS. Namun, banyak yang berpendapat, biaya mahal untuk mendapatkan jet tempur F-35 masih menjadi masalah.

"Jet tersebut akan selalu menang karena musuh tidak dapat melihatnya, bahkan ketika tepat di samping pesawat lain," katanya.

Trump juga pamer peningkatan anggaran militer untuk memperkuat perangkatnya.

"Kami sedang memesan peralatan baru militer, ada 700 miliar dollar AS untuk militer," ucap Trump.

Sebelumnya, Trump mengejutkan media dengan pembicaraannya mengenai  pesawat tak terlacak tersebut pada Oktober lalu. Saat itu, Trump sedang mendiskusikan F-35 dalam sebuah pengarahan militer di Puerto Rico setelah dilanda badai.

"Sangat menakjubkan, kami memesan ratusan juta dollar untuk pesawat baru di angkatan udara, terutama F-35. Anda benar-benar tidak dapat melihatnya. Sulit untuk melawan pesawat yang tidak bisa dilihat," katanya kala itu.
 
Trump juga pernah mengklaim 35 pesawat jet tempur F-35 milik AS sudah terbang melintasi Jepang tanpa terdeteksi. Namun, banyak yang meragukan pernyataan Trump.

https://internasional.kompas.com/read/2017/11/24/13242421/trump-kembali-pamer-jet-tempur-siluman-milik-as

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke