Salin Artikel

Israel Hancurkan Rumah Impian Sebuah Keluarga Palestina di Yerusalem

Pada Rabu (22/11/2017), menjadi hari duka bagi Jamal Abu Khdeir. Rumah impian yang menampung 27 anggota keluarganya hancur dalam beberapa menit.

Rumah yang dibangun selama berbulan-bulan itu dirobohkan oleh lebih dari 40 orang pasukan Israel. Dua unit buldoser yang tiba, langsung meratakan bangunan itu.

Dilansir dari Al Jazeera, rumah tersebut baru selesai dibangun di wilayah Shufat, Timur Yerusalem.

Abu Khderi sempat melawan pasukan Israel yang mencoba menghancurkan rumahnya, namun aksinya justru memecah bentrokan.

"Ketika pasukan Israel menghancurkan rumah kami, anak laki-laki dan anggota keluarga lainnya mulai meneriaki mereka," kata salah satu anggota keluarga, Ishaaq Saeed Abu Khdeir, yang berusia 73 tahun.

"Pasukan Israel memukul mereka dan seketika berubah menjadi pertarungan fisik," tambahnya.

Dia mengaku didorong oleh pasukan Israel ke dalam semak-semak dan mengalami luka. Dua anggota keluarga juga sempat ditahan, hingga akhirnya dibebaskan.

Keluarga Abu Khdeir tidak merasa mendapatkan peringatan apapun tentang pembongkaran rumah mereka. Pemerintah Israel berdalih rumah tersebut dibangun tanpa izin.

Aturan di Israel menyebut, orang-orang Palestina di Yerusalem Timur diwajibkan memiliki izin untuk mendirikan bangunan. Namun, biasanya pemerintah Israel menolak sebagian besar permintaan izin itu.

Menurut laporan harian Israel, Haaretz, sepanjang 2010 hingga 2015, dari 11.603 izin bangunan yang dikeluarkan, hanya 878 yang dialokasikan untuk lingkungan warga Palestina.

Hanya 13 persen dari total luas lahan di Yerusalem Timur yang diperuntukkan bagi pembangunan rumah warga Palestina,

https://internasional.kompas.com/read/2017/11/23/09362671/israel-hancurkan-rumah-impian-sebuah-keluarga-palestina-di-yerusalem

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke