Salin Artikel

Paus Fransiskus Dijadwalkan Bertemu Pengungsi Rohingya di Bangladesh

VATIKAN, KOMPAS.com - Paus Fransiskus dijadwalkan menemui para pengungsi muslim Rohingya di Dhaka, saat kunjungannya ke Bangladesh pekan depan.

Jurubicara Vatikan, Rabu (22/11/2017) mengatakan, Paus akan bertemu perwakilan muslim Rohingya dalam pertemuan antar-agama yang rencananya digelar pada 1 Desember 2017.

Paus telah berulang kali mengecam tindak penganiayaan terhadap minoritas agama oleh pemerintah Myanmar itu.

Sebelum ke Bangladesh, Paus Fransiskus juga akan berkunjung selama tiga hari di Myanmar dan bertemu dengan panglima tentara negara tersebut, Jenderal Min Aung Hlaing.

Usul pertemuan tersebut atas saran dan rekomendasi Uskup Agung Yangon Charles Bo, yang juga mengingatkan kepada Paus agar tidak menyebut istilah 'Rohingya' selama pertemuan.

Tentara dan pemerintah Myanmar memang menolak menggunakan istilah tersebut yang menurut mereka seperti memberi status pada etnis muslim di Rakhine itu.

Padahal menurut mereka, warga yang melarikan diri dari Rakhine adalah imigran ilegal dari Banglades yang sebagian besar beragama Islam.

Meskipun Paus tidak dilarang menggunakan istilah tersebut, namun jurubicara mengisyaratkan Paus akan mengikuti saran yang diberikan padanya.

Dunia internasional telah mengecam Myanmar atas perlakuannya terhadap muslim Rohingya yang menyebabkan lebih dari 600.000 orang mengungsi dari Rakhine ke Bangladesh.

Pejabat PBB juga menggambarkan apa yang terjadi di Rakhine adalah sebuah pembersihan etnis.

https://internasional.kompas.com/read/2017/11/22/22161741/paus-fransiskus-dijadwalkan-bertemu-pengungsi-rohingya-di-bangladesh

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.