Salin Artikel

Kondom, Benda Paling Dicari di Korea Utara

Keluarga berencana amat diharamkan di Korea Utara karena pemimpin negeri itu, Kim Jong Un, ingin memiliki populasi besar untuk menciptakan para pekerja sosialis.

Namun, para pebisnis dan pejabat yang melakukan perjalanan ke China kerap membawa kondom untuk diberikan sebagai hadiah kepada teman dan kerabat mereka.

Sementara itu, para penyelundup menghasilkan banyak uang dengan menjual kondom kepada para PSK untuk mencegah kehamilan dan mengurangi penyebaran penyakit.

Di banyak negara, kondom bisa dengan mudah didapatkan. Namun, di Korea Utara alat kontrasepsi ini amat terlarang untuk diproduksi atau dijual.

Bahkan, seperti dilaporkan Radio Free Asia, pos-pos pemeriksaan Bea Cukai Korea Utara melakukan pemeriksaan ketat agar kondom tak bisa melintasi perbatasan.

"Kondom amat populer di kalangan pria dan wanita di Korea Utara. Para pejabat Korea Utara kerap membawa kondom pulang setelah melakukan perjalanan dinas di China," ujar seorang pedagang asal China.

"Pedagang seperti kami menanggung risiko besar jika ketahun membawa kondon ke Korea Utara untuk dijual," tambahnya.

"Pasar untuk kondom di Korea Utara amat besar, jadi kami bisa mendapatkan banyak uang. Namun, kondom termasuk barang terlarang sehingga Bea Cukai Korea Utara tak akan membiarkan barang ini masuk," lanjutnya.

Sementara itu, seorang pebisnis China yang tinggal di Pyongyang kepada Radio Free Asia mengatakan, prostitusi yang meluas di Korea Utara membuat kondom menjadi semakin penting.

"Para pejabat Korut amat memahami kondisi ini, tetapi pemerintah bersikukuh bahwa tidak ada praktik prostitusi di Korea Utara," ujar pebisnis itu.

https://internasional.kompas.com/read/2017/11/22/11253691/kondom-benda-paling-dicari-di-korea-utara

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke