Salin Artikel

Gunung Sampah 27.000 Ton Akhirnya Bersih Setelah Tujuh Tahun

LONDON, KOMPAS.com - Penduduk di sebuah wilayah kecil di London akhirnya segera terbebas dari 'mimpi buruk' setelah tumpukan sampah yang menggunung hingga 12 meter mulai dibersihkan.

Selama hampir tujuh tahun penduduk di Bromley, London tersiksa dengan tumpukan sampah yang menggunung, diperkirakan telah mencapai berat 27.000 ton.

Tak hanya terganggu dengan pemandangan 'gunung' sampah, penduduk juga sangat tersiksa bau busuk yang diibaratkan seperti tumpukan mayat.

Tumpukan sampah yang berada di lokasi pembuangan lama Waste4Fuel itu juga kerap menimbulkan kebakaran.

Tercatat telah terjadi 233 insiden kebakaran yang menyebabkan pemadam kebakaran London menghabiskan dana hingga 1 juta poundsterling atau sekitar Rp 17,9 miliar sejak 2012 hingga 2015.

Pada tahun 2014, mantan pemilik tanah tempat gunungan sampah itu telah diadili dan diharuskan membayar denda karena menumpuk bahan yang mudah terbakar secara ilegal.

Dua tahun berselang dewan dan Badan Lingkungan Hidup Bromley membeli tanah di lokasi tersebut seharga Rp 48 miliar.

Selanjutnya, dibutuhkan waktu lebih dari satu tahun untuk benar-benar membersihkan tempat tersebut.

Ketua Dewan Bromley Colin Smith berterima kasih kepada penduduk yang telah sabar dan mendukung dewan kota menyelesaikan masalah sampah itu.

Perwakilan Badan Lingkungan Hidup Julie Foley membantu memastikan tidak ada dampak lingkungan dan masyarakat akibat gunung sampah tersebut yang kini sudah dibersihkan.

"Kami harus memastikan lokasi itu sudah bersih dan yang paling penting menjaga agar ke depan tidak terjadi lagi masalah serupa," kata Foley.

https://internasional.kompas.com/read/2017/11/21/21042101/gunung-sampah-27000-ton-akhirnya-bersih-setelah-tujuh-tahun

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke