Salin Artikel

Mulai Sadar, Tentara Pelarian Korea Utara Minta Menonton Televisi

SEOUL, KOMPAS.com - Tentara Korea Utara yang terluka akibat ditembak saat berusaha melarikan diri ke selatan akhirnya mulai sadar.

Dilaporkan pejabat pemerintah Korea Selatan, Selasa (21/11/2017), tentara tersebut sempat menjalani dua kali operasi besar di Rumah Sakit Universitas Ajou di Suwon, selatan Seoul.

"Tentara itu sudah mulai kembali sadar dan dia meminta untuk menonton televisi," kata pejabat yang tak ingin disebut namanya.

"Demi kenyamanan psikologinya kami menayangkan film Korea Selatan dan dia sudah cukup pulih untuk bisa menonton televisi," tambahnya seperti dikutip Yonhap.

Tentara Korea Utara itu tak sadarkan diri setelah mendapat luka tembak oleh penjaga perbatasan di Panmunjeom akhir pekan lalu.

"Saat ini dia sudah bisa berkomunikasi dengan petugas medis. Kami menilai dia telah mengatasi kondisi yang serius," ujar pejabat itu.

Dilaporkan juga tentara Korea Utara itu sedang dalam kondisi ketakutan dan stres berat.

Untuk mengurangi beban psikologisnya, pihak rumah sakit memasang bendera Korea Selatan di ruang tentara itu.

Selain mengalami luka tembakan, tentara pelarian itu juga dilaporkan mengidap parasit di usus yang kemungkinan disebabkan buruknya makanan yang dia konsumsi.

Bergantung pada saran medis dan kondisi pasien, tim interogasi diperkirakan baru akan mulai memberikan pertanyaan dalam empat sampai lima hari ke depan.

https://internasional.kompas.com/read/2017/11/21/20155541/mulai-sadar-tentara-pelarian-korea-utara-minta-menonton-televisi

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.