Salin Artikel

Mulai Sadar, Tentara Pelarian Korea Utara Minta Menonton Televisi

SEOUL, KOMPAS.com - Tentara Korea Utara yang terluka akibat ditembak saat berusaha melarikan diri ke selatan akhirnya mulai sadar.

Dilaporkan pejabat pemerintah Korea Selatan, Selasa (21/11/2017), tentara tersebut sempat menjalani dua kali operasi besar di Rumah Sakit Universitas Ajou di Suwon, selatan Seoul.

"Tentara itu sudah mulai kembali sadar dan dia meminta untuk menonton televisi," kata pejabat yang tak ingin disebut namanya.

"Demi kenyamanan psikologinya kami menayangkan film Korea Selatan dan dia sudah cukup pulih untuk bisa menonton televisi," tambahnya seperti dikutip Yonhap.

Tentara Korea Utara itu tak sadarkan diri setelah mendapat luka tembak oleh penjaga perbatasan di Panmunjeom akhir pekan lalu.

"Saat ini dia sudah bisa berkomunikasi dengan petugas medis. Kami menilai dia telah mengatasi kondisi yang serius," ujar pejabat itu.

Dilaporkan juga tentara Korea Utara itu sedang dalam kondisi ketakutan dan stres berat.

Untuk mengurangi beban psikologisnya, pihak rumah sakit memasang bendera Korea Selatan di ruang tentara itu.

Selain mengalami luka tembakan, tentara pelarian itu juga dilaporkan mengidap parasit di usus yang kemungkinan disebabkan buruknya makanan yang dia konsumsi.

Bergantung pada saran medis dan kondisi pasien, tim interogasi diperkirakan baru akan mulai memberikan pertanyaan dalam empat sampai lima hari ke depan.

https://internasional.kompas.com/read/2017/11/21/20155541/mulai-sadar-tentara-pelarian-korea-utara-minta-menonton-televisi

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke