Salin Artikel

Seoul: Tahun Ini Korea Utara Bisa Tembakkan Misil ke Daratan AS

SEOUL, KOMPAS.com - Informasi intelijen Korea Selatan mengatakan Pyongyang bisa saja segera menembakkan misil ke daratan AS.

Hal itu menyusul Korea Utara yang mungkin telah menyelesaikan pengembangan misil balistik antar-benua (ICBM) yang bisa menjangkau wilayah AS pada tahun ini.

Belum terlihat tanda-tanda uji coba nuklir yang akan dilakukan, namun kompleks Punggye-ri di Korea Utara tampak siap untuk melakukan peledakan setiap saat. Demikian disampaikan agensi mata-mata Korea Selatan, Senin (20/11/2017).

Usai menerima laporan dari agensi tersebut, parlemen Korea Selatan menyampaikan ada kemungkinan peluncuran misil balistik Korea Utara pada tahun ini.

"Mereka mungkin meluncurkan misil dengan dalih peluncuran satelit atau pengembangan ruang angkasa, namun sebenarnya untuk meningkatkan ancaman terhadap AS," kata parlemen.

Korea Utara yang sedang mengembangkan persenjataan nuklir secara terang-terangan menyebut sedang menyiapkan misil yang dapat menjangkau AS.

Mereka juga telah meluncurkan dua kali misil yang melalui kawasan udara Jepang.

Sebelumnya, sebuah citra satelit mengindikasikan Korea Utara sedang membangun kapal selam bersenjata misil balistik.

38 North, sebuah organisasi pemantau perkembangan Korea Utara yang berbasis di Washington DC, Kamis (16/11/2017), mengatakan, foto-foto satelit itu diambil pada 5 November di galangan kapal Sinpo Selatan, Korea Utara.

https://internasional.kompas.com/read/2017/11/20/19104581/seoul-tahun-ini-korea-utara-bisa-tembakkan-misil-ke-daratan-as

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke