Salin Artikel

China Usulkan Solusi Tiga Tahap Akhiri Krisis Rohingya

Dilansir dari Xinhua, Minggu (20/11/2017), Wang menyebut, isu di Rakhine merupakan hal yang rumit karena terkait sejarah, etnis, dan agama, sehingga membutuhkan solusi mendesak dalam jangka panjang.

Wang mengusulkan solusi tiga tahap. Pada tahap pertama, pencapaian gencatan senjata sehingga warga setempat tidak harus mengungsi lagi. Gencatan senjata harus dilakukan melalui usaha bersama.

Kedua, masyarakat internasional harus mendorong Myanmar dan Bangladesh untuk menjaga komunikasi dalam upaya menemukan solusi yang adil.

Dalam konferensi pers bersama pemimpin de facto Myanmar, Aung San Suu Kyi, Wang mengatakan masyarakat internasional dan Dewan Keamanan PBB harus mendorong upaya tersebut dengan menciptakan kondisi dan suasana yang baik, sehingga kedua negara dapat menempuh dialog solutif.

Tahap ketiga, pencarian solusi jangka panjang. Menurutnya, kemiskinan menjadi akar penyebab konflik. Wang menyerukan agar masyarakat internasional mendukung upaya pengentasan kemiskinan di negara bagian Rakhine.

Sebelumnya, Menlu Amerika Serikat Rex Tillerson pada Rabu (15/11/2017) berkunjung ke Myanmar dan bertemu dengan Jenderal Min Aung Hlaing, panglima Angkatan Darat Myanmar.

Dalam pertemuan itu, Tillerson menyerukan agar militer Myanmar mendukung upaya pemulangan seluruh pengungsi sembari menambahkan bahwa laporan terkait kekerasan yang dilakukan tentara Myanmar sangat kredibel.

Sebelumnya, Myanmar dan Bangladesh sudah sepakat untuk memulai pemulangan kembali para pengungsi Rohingya. Namun, kedua negara masih belum sepakat dalam sejumlah detil proses pemulangan tersebut.

Salah satunya adalah jumlah pengungsi Rohingya di Bangladesh yang diizinkan pulang ke Rakhine.

https://internasional.kompas.com/read/2017/11/20/10045861/china-usulkan-solusi-tiga-tahap-akhiri-krisis-rohingya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke