Salin Artikel

Ada Cacing Sepanjang 27 Cm di Tubuhnya, Begini Kondisi Tentara Korut

Tentara Korut yang tidak disebutkan identitasnya itu mengalami luka tembak saat mencoba melarikan menuju Korsel.

Dilansir dari VOA, Sabtu (18/11/2017), para dokter mengatakan, banyaknya parasit yang hidup dalam tubuh tentara Korut tersebut menggambarkan kondisi nutrisi dan kesehatan yang buruk di pasukan militer milik Kim Jong Un.

Dokter memperkirakan tinggi badan tentara itu sekitar 170 cm, namun hanya memiliki berat badan 60 kg.

"Saya telah bekerja selama 20 tahun sebagai ahli bedah, tapi saya tidak pernah menemukan parasit sebesar ini di usus besar ini di warga Korut," kata Lee Cook Jong, kepala tim medis yang menangani tentara Korut.

Lee merupakan dokter spesialis luka berat yang terkenal di Korsel. Dia pernah disebut pahlawan pada 2011, ketika menyelamatkan kapten kapal barang Korsel yang ditembak setelah ditahan oleh perompak Somalia dalam misi penyelamatan.

Kondisi tentara Korut pada Sabtu (18/11/2017) menunjukkan kestabilan. Namun, dia belum sadar dan bernapas dengan dibantu mesin.

Operasi dilakukan untuk memperbaiki kerusakan organ dalam akibat luka tembakan dan luka lainnya.

Sebelumnya, militer Korsel menyebut ada empat tentara Korut yang membawa pistol dan senapan, untuk menembaki satu rekan mereka yang membelot pada Senin (13/11/2017). Sedikitnya, lima peluru berhasil dilepaskan ke tubuhnya.

Tentara Korut yang melarikan diri itu ditemukan di bawah setumpukan daun di sisi selatan Area Keamanan Gabungan. Tentara Korsel merangkak untuk menyelamatkannya.

Sebuah helikopter dari PBB membawa tentara Korut tersebut ke rumah sakit Ajou.

https://internasional.kompas.com/read/2017/11/19/12105101/ada-cacing-sepanjang-27-cm-di-tubuhnya-begini-kondisi-tentara-korut

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke