Salin Artikel

Foto Satelit Rekam Korut Bangun Kapal Selam Bersenjata Misil Balistik

38 North, sebuah organisasi pemantau perkembangan Korea Utara yang berbasis di Washington DC, Kamis (16/11/2017), mengatakan, foto-foto satelit itu diambil pada 5 November di galangan kapal Sinpo Selatan, Korea Utara.

"Penampakan yang kemungkinan besar adalah bagian dari sebuah kapal selam menujukkan pembuatan kapal selam baru, kemungkinan adalah Sinpo-C kapal selam bersenjata misil balistik," demikian laporan 38 North.

Laporan itu mengatakan, sepanjang 2017 terjadi banyak pergerakan pemindahan komponen dan bagian-bagian kapal keluar masuk galangan tersebut.

Laporan tersebut menambahkan, foto yang diperoleh pada 5 November itu memperlihatkan dua obyek berbentuk lingkaran yang kemungkinan adalah tabung tekanan kapal selam.

Disebutkan bahwa kedua benda itu berukuran jauh lebih besar dari yang terdapat di kapal selam kelas Romeo milik Korea Utara.

Foto-foto itu juga memperlihatkan sebuah tempat uji coba mekanisme peluncuran misil dari kapal selam.

Meski demikian, laporan tersebut menegaskan, tak ada aktivitas di galangan itu yang menunjukkan kemungkinan adanya uji coba baru peluncuran misil dari kapal selam.

Korea Utara selama ini sedang mengembangkan misil yang bisa mengangkut hulu ledak nuklir dan memiliki daya jangkau hingga ke wilayah Amerika Serikat.

Kondisi ini memicu krisis internasional, apalagi setelah Presiden AS Donald Trump mengatakan, semua opsi untuk menghentikan program nuklir Korea Utara tengah dipertimbangkan, termasuk invasi militer.

Korea Utara juga diyakini tengah mengembangkan misil berbahan bakar padat yang dapat diluncurkan dari kapal selam.

Bulan lalu, majalah The Diplomat mengutip seorang pejabat di pemerintahan AS mengatakan, intelijen militer mengendus adanya pembangunan kapal selam bertenaga diesel-listrik di galangan Sinpo.

Intelijen militer AS menyebut, kapal selam ini adalah penerus dari satu-satunya kapal selam bersenjata misil balistik yang selama ini masih dalam tahan eksperimen.

  

https://internasional.kompas.com/read/2017/11/17/13283511/foto-satelit-rekam-korut-bangun-kapal-selam-bersenjata-misil-balistik

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke