Salin Artikel

ISIS Klaim Bom Bunuh Diri yang Tewaskan 14 Orang di Afganistan

Kantor berita AFP melaporkan, akibat serangan tersebut, 14 orang dilaporkan tewas dengan 18 lainnya mengalami luka-luka.

Kelompok teroris Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) mengklaim bertanggung jawab atas bom mobil itu lewat media propaganda mereka, Amaq.

Juru Bicara Polisi Kabul, Abdul Basir Muhjahid berujar, di gedung tersebut tengah dilangsungkan acara milik Atta Mohammad Noor.

Noor adalah Gubernur Balkh, dan rival politik dari Presiden Ashraf Ghani. Namun, dia tidak ada dalam di gedung tersebut saat ledakan terjadi.

Pengebom itu berniat untuk memasuki gedung. Namun, niatnya dihadang oleh pos keamanan, dan membuat si pelaku menekan tombol detonatornya.

"Delapan polisi dan enam warga sipil dilaporkan tewas," kata Mujahid.

Salah seorang saksi mata, Harun Mutaref yang berada di dalam gedung menceritakan, ledakan itu terjadi ketika jamuan makan siang tengah berlangsung.

"Saya melihat banyak tubuh, baik polisi maupun sipil, bergelimang dan berdarah," ucap Mutaref.

Ghani dalam pernyataannya mengutuk aksi peledakan itu dengan menyebutnya "tindakan kriminal".

Sementara Menteri Dalam Negeri Najib Danish berkata pelaku meledakkan diri setelah salah seorang petugas mengenali wajahnya.

https://internasional.kompas.com/read/2017/11/16/21085981/isis-klaim-bom-bunuh-diri-yang-tewaskan-14-orang-di-afganistan

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke