Salin Artikel

Pyongyang: Tiga Kapal Induk AS Membuat Situasi Semakin Buruk

PYONGYANG, KOMPAS.com - Keberadaan tiga kapal induk Amerika Serikat di Semenanjung Korea dinilai justru semakin mendekatkan terjadinya perang nuklir.

Pandangan tersebut disampaikan Korea Utara melalui wakilnya di PBB, Ja Song Nam dalam suratnya kepada Sekjen PBB.

Tiga kapal induk AS, yakni USS Ronald Reagan, USS Theodore Roosevelt dan USS Nimitz, serta sejumlah kapal perang telah menyelesaikan latihan selama empat hari bersama Korea Selatan dan Jepang pada Selasa (14/11/2017).

Latihan itu menjadi kali pertama tiga buah kapal induk AS berbobot masing-masing 100.000 ton berlayar bersama di perairan Pasifik dalam sepuluh tahun terakhir.

"AS saat ini sedang tergila-gila melakukan latihan perang dengan memperlihatkan peralatan perang nuklirnya di sekitar Semenanjung Korea."

"Hal itu membuktikan AS sendiri adalah pelaku utama dari meningkatnya ketegangan dan merongrong perdamaian," tulis Korea Utara kepada Sekjen PBB.

"Latihan itu menunjukkan bahwa Korea Utara benar untuk membangun pertahanan," tambah surat itu dikutip dari CNN.

Dari sudut pandang AS, keberadaan tiga kapal induknya di perairan Pasifik menjadi sinyal pada Korea Utara bahwa mereka tidak terintimidasi dengan berbagai percobaan nuklir dan rudal Korea Utara.

"Latihan di kawasan Pasifik ini merupakan bukti kekuatan Armada Laut Pasifik AS dan komitmen kuat untuk menjaga keamanan dan stabilitas di kawasan itu," demikian pernyataan Laksamana Scott Swift.

https://internasional.kompas.com/read/2017/11/14/12501961/pyongyang-tiga-kapal-induk-as-membuat-situasi-semakin-buruk

Rekomendasi untuk anda
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.