Salin Artikel

Turki Jalin Kesepakatan Persenjataan Rudal dengan Perancis dan Italia

ANKARA, KOMPAS.com - Pemerintah Turki pada Rabu (8/11/2017) telah menandatangani perjanjian kesepakatan rudal dengan Perancis dan Italia.

Penandatanganan kesepakatan diwakili masing-masing menteri pertahanan yang akan membuka jalan bagi Turki untuk membeli rudal udara dari konsorsium Perancis-Italia.

Dengan kesepakatan tersebut, nantinya konsorsium Eurosam dapat menganalisa dan menentukan kebutuhan militer Turki.

Konsorsium Eurosam merupakan gabungan perusahaan Perancis dan Italia yang bergerak di bidang persenjataan rudal.

Meskipun kesepakatan tersebut masih dalam tahap awal, Sekjen Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO) Jens Stoltenberg menyambut baik kerja sama ketiga negara yang disebutnya sebagai kerja sama yang positif.

"Kami selalu menyambut baik saat sekutu NATO saling bekerja sama untuk mengembangkan kemampuan yang berbeda," kata Stoltenberg dilansir AFP.

"Kesepakatan semacam ini adalah cara terbaik untuk saling melengkapi dan sepenuhnya terintegrasi ke dalam sistem pertahanan udara," tambahnya.

Penandatanganan kesepakatan tersebut dilakukan Turki dengan Perancis dan Italia di sela-sela pertemuan NATO di Brussels.

https://internasional.kompas.com/read/2017/11/09/18504291/turki-jalin-kesepakatan-persenjataan-rudal-dengan-perancis-dan-italia

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke