Salin Artikel

Delapan Pejabat Catalonia Ditahan

MADRID, KOMPAS.com - Pengadilan Spanyol akhirnya memerintahkan penahanan kepada delapan anggota kabinet dan parlemen Catalonia setelah persidangan yang digelar di Madrid, Kamis (2/11/2017).

Delapan pejabat tersebut termasuk Wakil Presiden Catalonia Oriol Junqueras yang menjawab panggilan dan hadir di persidangan di gedung Pengadilan Nasional di Madrid.

Perintah penahanan diambil setelah mereka menjalani persidangan atas peran mereka dalam dorongan pemisahan diri Catalonia dari Spanyol.

Sebelumnya, pengadilan Spanyol memanggil 20 politisi Catalonia, termasuk Presiden Carles Puigdemont yang kabur ke Belgia, untuk hadir di persidangan yang digelar di dua tempat, yakni di gedung Pengadilan Nasional dan Mahkamah Agung.

Persidangan di Mahkamah Agung ditunda hingga 9 November 2017, menyusul permintaan dari pengacara yang ingin diberi lebih banyak waktu untuk mempersiapkan pembelaan.

Sementara persidangan di Pengadilan Nasional tetap berjalan hingga akhirnya jaksa mengajukan permintaan penahanan kepada delapan pejabat yang hadir dan akan ditempatkan di penahanan preventif.

Puigdemont beserta empat anggota kabinetnya yang menolak menghadiri persidangan dan memilih bertahan di Belgia juga akan tetap menghadapi surat perintah penahanan.

Bahkan bila perlu akan disiapkan surat perintah penahanan internasional.

https://internasional.kompas.com/read/2017/11/02/20411661/delapan-pejabat-catalonia-ditahan

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke