Salin Artikel

Korsel dan Jepang Bisa Pertimbangkan Miliki Senjata Nuklir

WASHINGTON, KOMPAS.com - Korea Selatan dan Jepang tidak sepenuhnya tertutup dari kemungkinan mengembangkan persenjataan nuklir.

Ancaman yang terus berkembang dari Korea Utara bisa saja memicu terjadinya penyebaran senjata nuklir di Asia. Demikian dikatakan mantan Menteri Luar Negeri AS Henry Kissinger.

Amerika Serikat, melalui Kementerian Pertahanan terus menegaskan tidak akan membiarkan ancaman nuklir Korea Utara maupun mengakui negara tersebut sebagai negara berkekuatan nuklir.

Namun Kissinger beranggapan, jika Korea Utara terus melanjutkan pengembangan senjata nuklir mereka, maka persenjataan nuklir akan menyebar di seluruh Asia.

"Jika mereka (Korea Utara) terus mengembangkan persenjataan nuklir, maka senjata nuklir pasti menyebar ke negara Asia lainnya," kata Kissinger.

"Korea Utara tidak bisa menjadi satu-satunya negara yang memiliki senjata nuklir tanpa Korea Selatan berusaha mengimbanginya dan Jepang yang hanya berdiam diri," ujarnya dilaporkan The Independent.

Pihak Korea Selatan dan Jepang bisa jadi mencemaskan pemerintahan Trump bakal ragu mempertahankan hubungan dengan sekutunya jika hubungan tersebut justru bisa memicu serangan nuklir ke negaranya.

Di Korea Selatan, sekitar 60 persen penduduknya mendukung adanya pembangunan persenjataan nuklir.

Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe, yang baru saja kembali terpilih, berharap bisa membatalkan konstitusi pasca-perang Jepang dan mulai membangun kekuatan militer guna menghadapi ancaman dari Korea Utara.

Meskipun dukungan publik Jepang akan senjata nuklir rendah, namun hal itu bisa berubah jika kedua negara Korea memilikinya.

Menteri Pertahanan AS James Mattis berusaha meyakinkan kembali sekutunya di kawasan Pasifik dengan menyebut Korea Utara tak akan mampu menandingi kekuatan senjata dan kekompakan koalisi AS-Korea Selatan yang sudah terjalin beberapa dekade.

"Diplomasi tetap menjadi pilihan utama dalam menghadapi Korea Utara. Tapi, serangan terhadap AS dan sekutunya akan ditanggapi dengan kekuatan militer penuh yang efektif dan luar biasa," ujar Mattis.

https://internasional.kompas.com/read/2017/10/31/05000011/korsel-dan-jepang-bisa-pertimbangkan-miliki-senjata-nuklir

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke