Salin Artikel

Model Tembok Pembatas AS-Meksiko Akan Jalani Uji Kekuatan

Tahap berikutnya, prototipe tembok itu akan menjalani uji coba dengan cara dihantam dengan menggunakan palu godam, kapak, dibakar, hingga peralatan lain yang bertenaga listrik atau baterai.

Uji coba ini yang akan berlangsung selama dua bulan ini akan menjadi bahan kesimpulan bahwa berbagai jenis material bisa dicampur untuk menghasilkan tembok yang efektif.

Hal ini disampaikan plt wakil komisioner Badan Penjaga Perbatasan dan Bea Cukai Ronald Vitiello.

Hasil dari uji coba itu akan menentukan masa depan pembangunan tembok yang hingga hari ini masalah pembiayaannya belum disetujui Kongres.

Uji coba ini baru akan dilakukan sekitar satu bulan lagi karena sejumlah campuran beton di prototipe ini belum cukup kering.

Vitiello mengatakan, para pekerja selama masa uji coba selama 30-60 hari itu mencoba menjawab pernyataan mendasar soal tembok tersebut.

"Apakah tembok itu bisa dipanjat? Bisakah digali di bawahnya? Bisakah bertahan dari alat-alat pemotong?" kata Vitiello.

Di perbatasan AS-Meksiko kini telah berdiri pagar satu lapis sepanjang 1.052 kilometer dari seluruh panjang perbatasan yaitu 3.143 kilometer. Selain itu terdapat 92 kilometer pagar pembatas yang terdiri dari dua dan tiga lapis.

Setiap model akan didirikan dengan jarak 9 meter beberapa meter dari pagar yang memisahkan San Diego dari Tijuana, Meksiko.

Setiap perusahaan yang ditunjuk mendapatkan 300.000-600.000 dolar AS untuk membangun setiap model pagar dan memiliki waktu satu bulan untuk menyelesaikannya.

Presiden AS Donald Trump sudah meminta anggaran sebesar 1,6 miliar dolar kepada Kongres untuk mendirikan tembok pembatas itu.

Jika disetujui, tembok itu akan menggantikan pagar pembatas sepanjang 22,4 kilometer di San Diego dan 96 kilometer di Lembah Rio Grande, Texas.

Kedua tempat itu adalah koridor paling sibuk yang biasa digunakan para imigran ilegal dari Meksiko untuk menyeberang ke Amerika Serikat. 

https://internasional.kompas.com/read/2017/10/27/14212311/model-tembok-pembatas-as-meksiko-akan-jalani-uji-kekuatan

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke