Salin Artikel

Diduga Digigit Nyamuk, Buah Zakar Pria Ini Bengkak hingga 5 Kilogram

NAIROBI, KOMPAS.com - Seorang pria di Kenya, Afrika harus menjalani pembedahan setelah testikel atau buah zakarnya membengkak hingga berbobot 5 kilogram.

Alhasil pria bernama Horace Owiti Opiyo atau kerap disapa Forence ini tak bisa mengenakan pakaian normal seperti kawan-kawannya.

Pria yang kini berusia 20 tahun itu pertama kali menemukan adanya benjolan di alat vitalnya itu pada 2006.

Sebenarnya pada 2007 dia sudah menjalani pembedahan tetapi benjolan itu muncul kembali dan membuat buah zakarnya membengkak.

Menurut para dokter kondisi yang dialami Forence ini bisa akibat gigitan nyamuk yang membawa larva ke dalam aliran darahnya.

Larva itu kemudian tumbuh menjadi parasit yang menutup sistem aliran darah sehingga menyebabkan pembengkakan.

Kondisi in membuat pemuda asal kota Kibigori itu mengalami rasa sakit yang luar biasa dan membuatnya tak bisa menjalani kehidupan normal.

Sayangnya, kondisi ekonomi yang tak baik membuat Forence tak bisa membiayai pembedahan di rumah sakit. Alhasil dia mencoba pengobatan herbal tetapi belum berhasil.

"Awalnya benjolan itu amat kecil, seperti bisul. Lalu benjolan itu tumbuh hingga sebesar kepalan tangan saya dan terus bertambah besar," ujar Forence lewat akun media sosialnya.

Akibat masalah ini, Forence terpaksa keluar dari. sekolah karena buah zakarnya terus membengkak membuat dia tak bisa mengenakan pakaian normal dan berjalan dengan mudah.

Dia juga selalu menjadi bahan olok-olok teman sekolahnya. Kondisi ekonominya yang buruk membuat Forence tak bisa membiayai ongkos perawatan.

Pemuda ini sekarang tinggal bersama sang kakak, Eliza dan neneknya, Salina. Kedua orangtuanya meninggal dunia saat Forence baru berusia lima tahun.

"Saya katakan kepada nenek jika saya terinfeksi penyakit tetapi saya tak tahu penyakit apa yang menyerang saya. Ini bisa saja kutukan, saya tahu ini bukan pekerjaan Tuhan, tetapi setan," tambah dia.

Sebagai upaya untuk menolong pemuda ini, tetangganya Duncan Otieno mengambil foto Forence dan mengunggah kisahnya di media sosial Facebook.

Kisah Forence menjadi viral dalam waktu singkat dan sampai kepada istri Gubernur Kisumu, Olivia Ranguma.

Olivia kemudian meminta seornag dokter untuk memeriksa kondisi Forence dan membawa pemuda itu ke rumah sakit.

Kemudian para dokter di RS Jaramogiginga Odinga memeriksa Forence dan menyebut dia mengalami apa yang disebut dengan kelainan Scrotal elephantiasis.

Para dokter akhirnya menggelar dua kali operasi yaitu untuk menormalkan ukuran testikelnya dan memperbaiki bentuk penisnya agar bisa kembali berfungsi.

Singkat cerita, kedua operasi itu berjalan lancar dan kehidupan pemuda 20 tahun tersebut kini sudah jauh lebih baik.

Kini, dengan kondisi yang sudah membaik, Forence bercita-cita bisa memiliki keluarga di satu hari nanti.

"Saat saya bangun tidur, saya terkejut karena tubuh saya amat ringan. Semua beban berat itu telah hilang," kata dia.

"Saya kini bisa berenang, sebelumnya saya tak mungkin bisa berenang karena benjolan itu begitu berat. Kini saya bisa berlari dan bermain sepak bola," tambah dia.

"Kini saya bebas!" kata Forence setengah berteriak karena kegirangan.

https://internasional.kompas.com/read/2017/10/27/13042631/diduga-digigit-nyamuk-buah-zakar-pria-ini-bengkak-hingga-5-kilogram

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke