Salin Artikel

Begini Cara Mark Zuckerberg Menikmati Kekayaannya

Kekayaan Zuckerberg saat ini tercatat mencapai 74 miliar dolar AS atau lebih dari Rp 1.000 triliun dan masih terus bertambah.

Terkadang terbersit dalam pikiran bagaimana Zuckerberg menggunakan semua kekayaannya itu, padahal nampaknya dia tak punya selera berlebihan dalam hal mobil, pakaian, atau bepergian.

Sebagai anggota dari organisasi Giving Pledge dan pendiri Chan Zuckerberg Initiative, yang dimulainya bersama sang istri, Priscilla Chan, pria yang dropout dari Harvard ini lebih banyak menghabiskan uangnya untuk urusan amal.

Lalu setahun setelah "melantai" di bursa saham, kekayaan yang diterima Zuckerberg bertambah menjadi 9 miliar dolar atau Rp 122 triliun setahun.

Meski tercatat sebagai salah satu orang terkaya, Zuckerberg tetap mempertahankan gaya hidup sederhana bersama istri dan kedua putri mereka.

Salah satu ciri khas penampilan sederhana Zuckerberg adalah T-shirt abu-abu yang nyaris selalu dikenakan ke mana-mana.

Satu lagi hal yang terlihat sederhana adalah mobil yang digunakan Zuckerberg yaitu Honda Acura TSX, sebuah hatchback Volkswagen, dan sebuah Honda Fit yang ketiganya bernilai kurang dari 30.000 dolar AS atau sekitar Rp 400 juta.

Namun, satu hal yang nampaknya tak ragu dilakukan Zuckerberg adalah dalam hal membeli rumah.

Pada Mei 2011 dia membeli sebuah rumah di Palo Alto seluas hampir 500 meter persegi seharga 7 juta dolar AS. Setahun kemudian dia mulai membeli properti yang mengitari kediamannya.

Zuckerberg juga memiliki sebuah townhouse di Distrik Mission, San Fransisco yang dibelinya pada 2013 dan menghabiskan uang 1 juta dolar untuk melakukan renovasi.

Pada 2014, Zuckerberg membeli dua properti di Pulau Kauai, Hawaii, bernilai 100 juta dolar AS. Kedua properti itu berupa Perkebunan Kahu'aina seluas 144 hektar dan Pila'a Beach dengan luas 159 hektar.

Dalam hal bepergian, Zuckerberg memang jarang diketahui melakukan perjalanan. Namun, jika dia bepergian maka ongkos perjalanan dan pengamanan setidaknya mencapai 5 juta dolar dalam setahun.

Satu hal lagi yang digunakan Zuckerberg untuk menikmati kekayaannya adalah dengan beramal.

Zuckerberg sendiri berencana akan menjual 99 persen saham miliknya di Facebook dalam masa hidupnya.

Dia berencana menjual 35-75 juta saham dengan nilai total antara 6-12 miliar dolar AS selama 18 bulan ke depan.

Sebagian dari hasil penjualan saham itu akan digunakan untuk membiayai Chan Zuckerberg Initiative, lembaga amal yang didirikan bersama sang istri pada 2015.

Lembaga ini memfokuskan diri dalam hal pembelajaran personal, menyembuhkan penyakit, mempersatukan orang, dan membangun komunitas yang kuat. Lembaga ini menangani berbagai isu baik lokal maupun global.

Tahun lalu, Zuckerberg dan Chan menginvestasikan uang sebesar 3 miliar dolar AS untuk riset mencari cara untuk menyembuhkan sejumlah penyakit hingga akhir abad ini.

https://internasional.kompas.com/read/2017/10/25/12380821/begini-cara-mark-zuckerberg-menikmati-kekayaannya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke