Salin Artikel

Pyongyang Kirim Surat Terbuka "Tak Biasa" ke Barat

SYDNEY, KOMPAS.com - Pyongyang secara mengejutkan mengirimkan sebuah surat terbuka kepada sejumlah negara Barat.

Surat "tak biasa" itu mendesak adanya kewaspadaan yang tajam terhadap pemerintahan Presiden AS, Donald Trump, yang dianggap kejam dan ceroboh.

Surat tersebut juga seolah menjadi pengumuman dari Korea Utara (Korut) sebagai salah satu negara berkekuatan nuklir.

Diyakini, surat tersebut ditulis oleh Kantor Urusan Luar Negeri Korut dan ditujukan ke sejumlah negara-negara Barat secara diam-diam.

Namun demikian, keberadaan surat tersebut diungkapkan kepada publik oleh Menteri Luar Negeri Australia Julie Bishop, yang menerima surat tersebut melalui Kedutaan di Indonesia.

Baca: Mantan Presiden AS Jimmy Carter Bersedia ke Korea Utara

Menurutnya, surat tersebut "tak biasa" karena tidak seperti yang selama ini dikirimkan.

Korut dalam hal berkomunikasi dengan negara Barat, di mana sebelum-sebelumnya selalu melalui pernyataan resmi kantor medianya, KCNA.

Ditujukan kepada parlemen di sejumlah negara, surat tersebut mengutuk pernyataan Trump di PBB yang menyebut mereka bisa menghancurkan sepenuhnya Korut, yang juga disebut sebagai Republik Rakyat Demokratik Korea (DPRK).

"Jika Trump berpikir bahwa dia dapat membuat DPRK, sebuah negara berkekuatan nuklir, bertekuk lutut dengan ancaman perang nuklir, maka hal itu adalah kesalahan besar dan bentuk ketidakpedulian," kata surat Korut itu dikutip The Independent, Senin (23/10/2017).

"Ini pertama kalinya Kementerian Luar Negeri Australia menerima surat dari Koru. Ini adalah sebuah surat terbuka, cara yang tak biasa mereka lakukan," ujar Bishop.

"Saya melihat hal ini menunjukkan jika startegi yang dijalankan negara-negara sekutu dengan menerapkan sanksi maksimal dalam diplomatik dan ekonomi terhadap Korut membuahkan hasil," tambahnya.

Baca: Setelah Guam, Korea Utara Ancam Hancurkan Australia

Menurut Bishop, surat tersebut menjadi bentuk keputusasaan Korut untuk memecah belah komunitas internasional dan menunjukkan jika Korut sudah merasa terkucilkan.

Tak hanya Australia, The Independent memastikan surat serupa juga diterima pihak Kantor Luar Negeri Inggris.

https://internasional.kompas.com/read/2017/10/23/19431011/pyongyang-kirim-surat-terbuka-tak-biasa-ke-barat

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke