Salin Artikel

India Minta Myanmar Bawa Pulang Pengungsi Rohingya

Pernyataan tersebut dilontarkan Menteri Luar Neger India, Sushma Swaraj, kepada pemerintah Banglades, saat bertemu dengan Perdana Menteri Banglades Sheikh Hasina, pada Minggu (22/10/2017).

Pemerintah Banglades sebelumnya memerintahkan penjaga perbatasan untuk mengizinkan pengungsi Rohingya melintasi perbatasan dan berlindung di tenda darurat di kota pesisir Cox's Bazar.

"Myanmar harus membawa kembali mereka... ini menjadi beban bagi Banglades. Berapa lama Banglades bisa menahannya," kata Swaraj seperti yang dikutip dari laman The Indian Express.

"Harus ada solusi permanen untuk menyelesaikan konflik ini," lanjutnya.

Swaraj mengatakan, India khawatir mengenai kekerasan yang terjadi di negeri tetangga Banglades itu.

Menurutnya, beberapa kelompok HAM yang telah menemui para pengungsi menyatakan militer Myanmar membunuh tanpa pandang bulu, melakukan perkosaan, dan membakar desa-desa untuk memaksa etnis Rohingnya pergi.

"Kita telah mendorong agar situasi bisa diatasi dengan menahan emosi, dan berpikir hanya pada kesejahteraan penduduk," kata Swaraj.

Sementara itu, Menteri Luar Negeri Banglades mendesak India memainkan peran lebih besar dengan terus menekan Myanmar untuk menemukan solusi damai bagi krisis Rohingya.

Sebelumnya, Parlemen India, dalam berbagai forum hingga sidang paripurna Inter-Parliamentary Union (IPU), menyatakan etnis Rohingya adalah teroris yang mengancam kedamaian dunia dan tak menginginkan isu Rohingya masuk dalamresolusi IPU.

Namun, sidang yang dilaksanakan di Saint Petersburg, Rusia, pekan lalu tersebut akhirnya mendesak agar etnis Rohingya mendapatkan status kewarganegaraan Myanmar.

Hampir 600.000 orang etnis Rohingya telah keluar dari wilayah negara bagian Rakhine sejak 25 Agustus 2017. Mereka menyelamatkan diri dari serangan yang disebut PBB sebagai aksi pembersihan etnis.

https://internasional.kompas.com/read/2017/10/23/10415121/india-minta-myanmar-bawa-pulang-pengungsi-rohingya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke