Salin Artikel

Krisis Meningkat, Spanyol Akan Ambil Alih Pemerintahan dan Pecat Pemimpin Catalonia

Rajoy mengungkapkan langkah-langkah pembubaran pemerintah kawasan otonomi Catalunya itu setelah melangsungkan pertemuan darurat kabinet, yang juga memutuskan akan segera diselenggarkaannya pemilihan umum di kawasan itu.

Langkah-langkah yang disusun kabinet ini seterusnya akan diajukan ke Senat Spanyol, yang akan mengambil keputusan melalui pemungutan suara.

Ini merupakan salah satu puncak krisis, setelah hampir tiga pekan lalu Catalonia mengadakan referendum kemerdekaan, yang dianggap ilegal oleh Madrid.

Rajoy mengatakan bahwa pemerintah tidak memiliki pilihan selain mengambil alih pemerintahan, menempatkan Catalonia dalam administrasi langsung Spanyol, dengan alasan bahwa tindakan pemerintah Catalonia "bertentangan dengan hukum dan mencari konfrontasi."

Sebelum keputusan ini, negara-negara Eropa menyatakan lepas tangan atas krisis Catalonia.

"Tidak ada ruang, tidak ada tempat untuk mediasi, tidak juga untuk prakarsa atau tindakan masyarakat internasional," katanya.

Dalam referendum pada 1 Oktober yang dilarang oleh pemerintah Spanyol itu, rakyat Catalonia memilih untuk memisahkan diri.

Pemimpin Eropa lainnya, seperti Angela Merkel dari Jerman dan Emmanuel Macron dari Prancis, juga memberikan dukungan mereka kepada Madrid.

https://internasional.kompas.com/read/2017/10/21/23522391/krisis-meningkat-spanyol-akan-ambil-alih-pemerintahan-dan-pecat

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke