Salin Artikel

Krisis Meningkat, Spanyol Akan Ambil Alih Pemerintahan dan Pecat Pemimpin Catalonia

Rajoy mengungkapkan langkah-langkah pembubaran pemerintah kawasan otonomi Catalunya itu setelah melangsungkan pertemuan darurat kabinet, yang juga memutuskan akan segera diselenggarkaannya pemilihan umum di kawasan itu.

Langkah-langkah yang disusun kabinet ini seterusnya akan diajukan ke Senat Spanyol, yang akan mengambil keputusan melalui pemungutan suara.

Ini merupakan salah satu puncak krisis, setelah hampir tiga pekan lalu Catalonia mengadakan referendum kemerdekaan, yang dianggap ilegal oleh Madrid.

Rajoy mengatakan bahwa pemerintah tidak memiliki pilihan selain mengambil alih pemerintahan, menempatkan Catalonia dalam administrasi langsung Spanyol, dengan alasan bahwa tindakan pemerintah Catalonia "bertentangan dengan hukum dan mencari konfrontasi."

Sebelum keputusan ini, negara-negara Eropa menyatakan lepas tangan atas krisis Catalonia.

"Tidak ada ruang, tidak ada tempat untuk mediasi, tidak juga untuk prakarsa atau tindakan masyarakat internasional," katanya.

Dalam referendum pada 1 Oktober yang dilarang oleh pemerintah Spanyol itu, rakyat Catalonia memilih untuk memisahkan diri.

Pemimpin Eropa lainnya, seperti Angela Merkel dari Jerman dan Emmanuel Macron dari Prancis, juga memberikan dukungan mereka kepada Madrid.

https://internasional.kompas.com/read/2017/10/21/23522391/krisis-meningkat-spanyol-akan-ambil-alih-pemerintahan-dan-pecat

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.