Salin Artikel

Jual Kostum Anne Frank, Situs Penyedia Kostum Halloween Dikecam

KOMPAS.com - Di benua Eropa maupun Amerika, merayakan Halloween biasanya identik dengan kostum unik. Baik itu berupa kostum bernuansa horor maupun meniru seorang tokoh.

Namun, sebuah perusahaan penyedia kostum Halloween, halloweencostumes.com, mendapat kritikan pedas.

Penyebabnya adalah baju yang mereka tawarkan untuk dikenakan warga dalam peringatan yang jatuh setiap 31 Oktober tersebut.

Manajemen Halloween Costumes memilih menjual kostum ikonik Anne Frank berwarna biru berkancing atas, lengkap dengan baret dan dan tas selempangnya, Senin (16/10/2017).

Anne Frank merupakan seorang gadis Yahudi korban holocaust Nazi Jerman selama Perang Dunia II.

Selama berada di kamp konsentrasi Nazi, gadis yang meninggal dunia dalam usia 15 tahun karena tifus tersebut menuliskan pengalaman hidupnya lewat buku hariannya.

Dari situlah, Anne pun dikenal sebagai simbol dari kekejaman holocaust.

Baca: Kenangan 75 tahun Anne Frank, Kisah Remaja di Era Holocaust

Sontak, kostum tersebut menuai hujatan dari aktivis holocaust.

Seperti yang diutarakan mantan Ketua Holocaust Memorial Trust, Cathy Ashley lewat akun Twitter-nya.

"Perusahaan ini perlu mengerti bahwa korban Holocaust bukanlah aset yang bisa dikomersialkan. Jika mereka melakukannya, mereka layak untuk malu," ujar Ashley dalam kicauannya, seperti dikutip Sky News.

Sementara Direktur Eksekutif Holocaust Educational Trust, Karen Pollock, berujar dirinya sampai tidak bisa berkata-kata karena korban seperti Anne Frank bisa dengan mudah dikomersialisasikan.

"Speechless. Terima kasih sudah membuatku memperhatikan. Luar biasa orang menganggapnya biasa saja? Benar-benar tidak pantas. Aku sampai kehilangan kata-kata," tulis Pollock.

Perwakilan Halloween Costumes pun akhirnya angkat bicara setelah anggota Dewan Kesetaraan Inggris, Rob McDowan, menulis komentar di Twitter yang dutujukan untuk juru bicara Halloween Costumes, Ross Walker Smith.

Baca: Heidi Klum Menjadi Ratu Halloween

Smith pun akhirnya meminta maaf, dan berusaha menjelaskan bahwa mereka tidak hanya menjual kostum Anne Frank tersebut untuk masa Halloween.

Kostum itu, ujar Smith, bisa juga dikenakan untuk segala suasana.

Meski begitu, Smith berujar perusahaan itu menganggap kritikan ini sebagai masalah serius, dan langsung menghapus foto kostum Anne Frank tersebut dari situs mereka.

"Kami meminta maaf kepada pihak-pihak yang tersinggung. Sebab kami tidak bermaksud demikian," ujar Smith dalam kicauannya.

https://internasional.kompas.com/read/2017/10/18/07083651/jual-kostum-anne-frank-situs-penyedia-kostum-halloween-dikecam

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke