Salin Artikel

Meski Diancam Ditembaki Korut, Enam Jet AS Terbang di Udara Korea

Latihan terbang tersebut boleh dikatakan sebuah provokasi terbaru kepada Korea Utara sekalipun sebelumnya pemimping tertinggi negara itu, Kim Jong Un, mengancam akan menembaknya.

Kantor berita Korea Selatan, Yonhap, Rabu (11/10/2017), melaporkan, enam pesawat militer AS termasuk dua pesawat pengebom supersonik B-1B.

Dua pesawat pengebom itu terbang dari Guam untuk tampil dalam sebuah latihan simulasi tembakan misil dari udara ke darat dengan dua jte tempur F-15K, kata Kementerian Pertahanan AS.

Simulasi perang tersebut merupakan sebuah provokasi terbaru di tengah ketegangan yang terus meningkat antara AS dan Korut.

Baca: Trump Kirim Jet Pengebom dan Siluman Canggih dari Guam ke Korsel

Pada saat berbicara di New York bulan lalu, Menteri Luar Negeri Korut Ri Yong Ho mengatakan, Presiden  AS, Donald Trump telah mengumumkan pernyataan perang terhadap Korut.

Ri mengatakan, militer Korut sekarang berhak untuk menembak jatuh pesawat-pesawat pengebom AS meski pesawat tersebut berada di luar wilayah udara Korut.

Ri mengatakan masyarakat internasioal harus memahami bahwa Washington yang pertama kali menyatakan perang.

"Seluruh dunia harus tahu bahwa Amerika-lah yang pertama-tama memberlakukan perang kepada negara kami," kata Ri, akhir September.

Sementara itu, pada Mei lalu, para peretas yang diduga berasal dari Korut mencuri sejumlah besar dokumen militer Korsel, termasuk rencana membunuh pemimpin Korut, Kim Jong Un.

Belum ada tanggapan dari Pyongyang terkait dengan simulasi tempur yang melibatkan enam pesawat militer AS, Selasa (10/10/2017) malam itu.

Baca: AS Kirim Dua Pesawat Pengebom Terbang Melintasi Korea

https://internasional.kompas.com/read/2017/10/11/12041411/meski-diancam-ditembaki-korut-enam-jet-as-terbang-di-udara-korea

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke