Salin Artikel

Jelang Serangan di Las Vegas, Paddock Kirim 100.000 Dollar ke Filipina

Paddock mengirim uang sebesar 100.000 dollar atau lebih dari Rp 1,3 miliar itu ke Filipina pada “beberapa hari sebelum penembakan” tersebut, kata sumber di kalangan keamanan, seperti dilaporkan Las Vegas Sun menguti kantor berita AP, Rabu (4/10/2017).

Sementara kekasih Paddock, Marilou Danley (62), telah terbang dari Manila, Filipina, menuju Los Angeles, AS, Selasa (3/10/2017) malam.

Keterangan ini disampaikan juru bicara Dinas Imigrasi Filipina Maria Antoinette Mangrobang, seperti dikutip kantor berita AFP, Rabu (4/10/2017).

Selain melacak untuk siapa dan apa tujuannya uang itu dikirim Filipina, polisi juga mendapat laporan tentang lusinan kasus keuangan serupa selama beberapa minggu terakhir.

Baca: Kekasih Pelaku Penembakan Las Vegas Terbang dari Manila ke LA

Tersangka pembantaian massal di Las Vegas telah menghabiskan lebih dari  10.000 dollar atau lebih dari 175 juta per hari untuk berjudi, kata pejabat yang minta namanya dirahasiakan.

"Penyelidikan ini tidak berakhir oleh kematian Paddock," kata Sheriff Las Vegas, Joseph Lombardo.

"Apakah orang ini teradikalisasi tanpa sepengetahuan kita? Kami ingin mengidentifikasi sumber tersebut."

Polisi juga menemukan kamera pengawas di kamar hotel tempat Paddock menginap dan melakukan penembakan brutal tersebut pada Minggu (1/10/2017) malam.

Selain kamera, penyidik menemukan sebuah komputer dan 23 senapan, dan 12 perangkat "bump stock", kata pihak berwenang.

Baca: Serangan di Las Vegas, Polisi Temukan 42 Senjata dan Bahan Peledak

Sembilan belas senjata lagi ditemukan di rumah Paddock di Mesquite, Nevada, dan tujuh pucuk lagi ditemukan di rumahnya di  Reno. Total pesawat yang ditemukan ialah 49 pucuk senapan.

Otoritas keamanan yang menyelidiki tragedi di Mandalay Bay, Las Vegas itu mengungkapkan, pelaku Paddock telah menyiapkan serangkaian kamera pengintai.

Ia memasang kamera di dalam dan luar kamar hotel untuk memantau siapa saja yang akan mendekat ke posisinya, termasuk apakah akan ada polisi yang datang. 

Barang bukti yang ditemukan di kamar Paddock di lantai 32 Mandalay Bay Resort and Casino menunjukkan, dia telah merencanakan serangan tersebut.

Baca: Sebelum Bunuh Diri, Paddock Pantau Polisi Lewat Kamera di Luar Kamar

https://internasional.kompas.com/read/2017/10/04/17123671/jelang-serangan-di-las-vegas-paddock-kirim-100000-dollar-ke-filipina

Rekomendasi untuk anda
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.