Salin Artikel

ISIS Rilis Rekaman Suara Pria Seperti Abu Bakr al-Baghdadi

Rekaman berdurasi 46 menit itu diunggah di sebuah situs internet yang berkaitan dengan ISIS, seperti dilaporkan BBC, Jumat (29/9/2017).

Dalam pembicaraannya, suara pria tersebut membahas ancaman Korea Utara (Korut) terhadap Jepang dan Amerika Serikat (AS).

Dia kemudian menyinggung pertempuran merebut basis kekuatan ISIS, seperti Mosul yang diambil alih pasukan Irak pada Juli 2017.

Baca: Abu Bakr al-Baghdadi Kembali Dikabarkan Tewas

Tak luput dia menyebut pertempuran di Raqqa dan Hama di Suriah dan Sirte di Libya. Menurutnya, pertumpahan darah di sana tidak akan sia-sia.

Suara pria itu sempat pula membahas perundingan damai mengenai Suriah yang disokong Rusia. Sebagian besar isi rekaman menelaah kajian keagamaan.

Baghdadi yang kepalanya dihargai 25 juta dollar atau Rp 337,8 miliar oleh AS, tidak pernah terlihat di depan publik sejak Juli 2014.

Terakhir kali dia terlihat adalah saat dia berpidato di Masjid Besar Al Nuri di Mosul, sesaat setelah ISIS menguasai kota itu sekaligus memproklamirkan “kekhalifahan” Islam versi kelompok ISIS.

Baca: Rusia Konfirmasi Abu Bkar al-Baghdadi Dipastikan Tewas

Juru bicara pasukan AS yang sedang memerangi ISIS, Ryan Dillon, mengatakan "tanpa bukti yang bisa diverifikasi mengenai kematiannya, kita harus terus berasumsi bahwa dia (Baghdadi) masih hidup."

Kepada BBC, juru bicara Departemen Pertahanan Inggris mengatakan "Kami menyadari adanya rekaman audio yang diklaim sebagai suara Abu Bakr al-Baghdadi dan sedang mengambil langkah-langkah untuk meninjaunya. Walau kami tak punya alasan untuk meragukan keasliannya, saat ini kami tak bisa memverifikasinya."

Pada awal September 2017, seorang jenderal senior AS, Jenderal Stephen Townsend, mengaku bahwa intelijen AS menyiratkan Baghdadi masih hidup dan diyakini bersembunyi di daerah pedalaman, di perbatasan antara Irak dan Suriah.

Baca: ISIS Akui Baghdadi Tewas, seperti Apa Sosok Pemimpin Teroris Itu

Klaim Jenderal Stephen Townsend ini sekaligus menepis pernyataan Rusia yang menyebutkan Baghdadi tewas dalam serangan di Suriah pada Mei 2017.

https://internasional.kompas.com/read/2017/09/29/11312661/isis-rilis-rekaman-suara-pria-seperti-abu-bakr-al-baghdadi

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke