Salin Artikel

Setelah Karibia dan Lewati Puerto Rico, Badai Irma Mengancam Florida

Angin kencang dan hujan lebat menyertai badai tersebut. Menjelang Kamis (7/9/2017) malam, Pusat Badai Nasional Amerika Serikat (NHC) memperkirakan, badai itu akan mendekati kpulauan Turks dan Caicos, dan bagian selatan kepulauan Bahama.

Irma menewaskan sedikitnya 10 orang di beberapa pulau di gugus kepulauan Karibia dan menghancurkan ribuan rumah di wilayah itu setelah angin bertiup dalam kecepatan 295 km per jam.

NHC menyatakan, Irma akan tetap sebagai badai katagori 4 atau 5 dalam beberapa hari mendatang.

Baca: Karibia Disapu Badai Irma: 10 Orang Tewas, Ribuan Rumah Hancur

Sekitar satu juta orang tanpa listrik di Puerto Rico, dan menurut perusahaan listrik di wilayah protektorat itu, kemungkinan dibutuhkan waktu empat hingga enam bulan untuk memulihkan sepenuhnya.

Presiden AS Donald Trump sebelumnya menyatakan situasi darurat di Puerto Rico, yang sedang mengalami kesulitan merawat infrastrukturnya karena krisis keuangan.

 Deklarasi situasi darurat memberi mandat kepada Badan Pengelolaan Darurat (FEMA), untuk melakukan koordinasi upaya bantuan bencana di pulau itu.

Sementara itu, perdana menteri wilayah Antigua dan Barbuda, Gaston Browne, mengatakan, kepada saluran televisi CNN, Barbuda hampir tidak layak dihuni setelah dihantam langsung badai Irma.

Baca: Badai Irma Menghantam, 95 Persen Pulau St Martin di Karibia Hancur

Menurut Browne, 95 persen properti di Barbuda rusak. Irma diperkirakan melanda Florida bagian selatan dan Miami hari Minggu (10/9/2017).

Meskipun ramalan persis mengenai jalur badai adalah mustahil, Gubernur Florida, Rick Scott memberitahu warga agar bersiap-siap sekarang juga dan tidak mengabaikan perintah evakuasi. Menurutnya, Irma kemungkinan akan mengimbas seluruh negara bagian Florida.

https://internasional.kompas.com/read/2017/09/07/23105331/setelah-karibia-dan-lewati-puerto-rico-badai-irma-mengancam-florida

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke