Salin Artikel

Korut Umumkan Kesuksesan Uji Coba Bom Hidrogen Berdaya 100 Kiloton

Stasiun televisi resmi Korut mengabarkan bahwa negara yang dipimpin Kim Jong Un itu telah berhasil membuat bom H (hidrogen) yang dapat dimasukkan ke dalam rudal balistik antarbenua.

Televisi Korut juga menampilkan gambar-gambar yang memperlihatkan bagaimana Kim Jong Un sendiri yang memerintahkan uji coba senjata nuklir ini.

Kim terlihat menandatangani langsung perintah tes senjata nuklir yang semakin meningkatkan ketegangan di kawasan Asia Timur.

(Baca Jepang Pastikan Guncangan Kuat di Korut akibat Uji Coba Nuklir)

Uji coba yang digelar ini menunjukkan bagaimana hanya dalam waktu satu dekade Korut telah mampu meningkatkan kekuatan ledakan nuklir mereka.

Pada 2006, negara tersebut mengujicobakan bom nuklir yang menghasilkan guncangan bermagnitudo 4,3.

Pagi ini, United States Geological Survey mencatat getaran seismik bermagnitudo 6.3 pada kedalaman nol kilometer di lokasi berjarak 22 kilometer dari Sungjibaegam, Korut.

(Baca Guncangan Kuat di Korea Utara, Diduga Ledakan Uji Coba Nuklir)

Uji coba merupakan yang keenam. Sebelumnya pernah dilakukan pada 2009 dan 2013 serta dua kali pada tahun lalu, yakni pada Januari dan September 2016.

Bom H merupakan senjata nuklir terkuat yang pernah diciptakan. Uji coba kali ini menghasilkan daya ledak setara 100 kiloton TNT.

Angka lima kali lipat dari bom atom dashyat yang dijatuhkan di Nagasaki, Jepang, pada Perang Dunia II, yang berdaya ledak 20 kiloton TNT. Peristiwa itu menewaskan lebih dari 70.000 orang.

Vipin Narang, profesor ilmu politik di Massachusetts Institute of Technology (MIT), mengatakan bahwa bom dengan daya ledak 100 kiloton TNT dapat menghancurkan satu kota dalam sekejap.

https://internasional.kompas.com/read/2017/09/03/14305401/korut-umumkan-kesuksesan-uji-coba-bom-hidrogen-berdaya-100-kiloton

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke