Salin Artikel

Dampak Badai Harvey, 300.000 Warga Houston Tanpa Listrik

Hujan lebat diprediksi akan semakin menderas dalam hitungan hari ke depan. Dilaporkan 300.000 penduduk kota itu saat ini hidup tanpa arus listrik.

Dikutip Politico, Senin (28/8/2017) pagi WIB, Abbott menegaskan, perintah evakuasi telah diberikan kepada warga Houston yang kotanya dilanda banjir hebat akibat badai Harvey.

Hal ini kontradiksi dengan apa yang disampaikan Turner yang berkicau di Twitter-nya bahwa tidak pernah ada perintah evakuasi dari pemerintah kota.

“Kita tidak mengevakuasi, kondisi sudah buruk, jika evakuasi dipaksakan, kemacetan lalu lintas akan terjadi dan bisa memicu kekecauan” ucap Turner.

Baca: Badai Harvey Bakal Terjang Texas dalam Hitungan Jam

Pejabat kota Houston lain menyatakan, evakuasi tidak dianjurkan untuk mencegah kekacauan yang terjadi pada tahun 2005 ketika dilakukan evakuasi mempersiapkan diri menghadapi badai Katrina.

Ketika itu, kekacauan terjadi menyebabkan mogok panjang. Abbott juga menjadi sasaran kritik dari sesama politisi Partai Republik Ed Emmett.

Politisi lokal di Houston itu mengatakan Abbott telah mengkontradiksi pernyataannya sendiri yang sebelumnya menganjurkan agar warga mendengar pejabat kota setempat yang menganjurkan untuk tidak melakukan evakuasi.

Gubernur Abbott menanggapi kebingungan itu mengatakan tidak ada lagi yang perlu diperdebatkan dan memerintahkan agar evakuasi segera dilaksanakan.

Dia juga mengatakan telah memberitahu Turner bahwa pemerintah negara bagian akan mengirim 60 kapal dan 20 helikopter untuk membantu proses pencarian korban dan evakuasi.

Miskomunikasi itu memicu luka lama dan kekhawatiran terjadinya kekacauan pemberian bantuan seperti yang terjadi ketika badai Katrina melululantahkan negara bagian Lousiana terutama kota New Orleans pada tahun 2005.

Baca: Badai Harvey Menyapu Texas, Trump Deklarasikan Darurat Bencana

Ketika itu miskoordinasi dan miskomunikasi antara pemerintah negara federal, pemerintah negara bagian dan pemerintah kota mengakibatkan warga kebingungan harus mendengar instruksi yang mana. Lebih dari 1.800 orang tewas akibat badai Katrina.

Gubernur Abbott dikenal memiliki hubungan yang kurang harmonis dengan Turner dan pejabat kota Houston lainnya.

Houston sendiri menjadi salah satu kota dengan dampak banjir terparah dari badai berkategori 4 itu.

Jalan-jalan kota dipenuhi banjir, warga hidup tanpa arus listrik, dan kendaraan banyak yang digenangi banjir.

https://internasional.kompas.com/read/2017/08/28/13133851/dampak-badai-harvey-300000-warga-houston-tanpa-listrik

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke