Salin Artikel

Korut Menguji Lagi Tiga Rudal Balistik, Semuanya Gagal

Militer Amerika Serikat (AS) dan Korea Selatan (Korsel) menyebutkan, ketiga rudal itu berakhir dengan kegagalan. Bahkan, salah satunya meledak sesaat setelah ditembakkan, demikian dilaporkan The Guardian.

Peluncuran tiga rudal jarak pendek itu terjadi pada saat AS dan sekutunya Korsel sedang menggelar latihan militer yang oleh Korut disebut sebagai persiapan untuk invasi.

Komando Pasifik Militer AS mendeteksi peluncuran tiga rudal balistik jarak pendek itu. Dua proyektil gagal dalam penjelajahan dan yang ketiga meledak seketika setelah ditembakkan.

Baca: Korut Balas Amarah Trump dengan Ancaman Rudal ke Pangkalan AS di Guam

Menurut Komando Pasifik, tiga rudal itu tidak menimbulkan ancaman bagi daratan AS dan Guam di Pasifik, yang awal bulan ini diancam akan berada "dalam lautan api" oleh Korut.

Militer Korsel mengatakan, beberapa proyektil jarak pendek telah ditembakkan dari pesisir Provinsi Kangwon dan melesat sejauh 250 ke arah timur laut sebelum akhirnya jatuh di laut.

Otoritas mata-mata AS dan Korsel sedang menganalisa jalur lintasan proyektil tersebut dan data lainnya untuk mengidentifikasi ketiga rudal tersebut.

"Militer melakukan pengawasan ketat terhadap Korut untuk mengantisipasi provokasi lebih lanjut," tambah pejabat Korut.

Baca: Meski Diancam Korut, Latihan Perang AS-Korsel Tetap Digelar

Korut cenderung menguji coba rudal balistik atau proyektil lainnya - termasuk peluncur roket jarak jauh – sebagai reaksi atas latihan militer gabungan AS-Korsel.

Puluhan ribu tentara Korsel dan AS ikut serta dalam latihan militer gabungan bersandikan “Ulchi Freedom Guardian”, sebuah simulasi komputer yang berlangsung selama dua minggu.

Latihan itu dilakukan beberapa minggu setelah Korut dan AS terlibat perang kata-kata yang berujung pada adanya ancaman Korut untuk menembakkan rudalnya ke pangkalan militer AS di Guam.

Baca: Korut Akui Tembakkan Rudal Terbaru, Hwasong-12

https://internasional.kompas.com/read/2017/08/26/09345561/korut-menguji-lagi-tiga-rudal-balistik-semuanya-gagal

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke