Salin Artikel

PBB: 250 Orang, Termasuk 62 Anak, Dibunuh di RD Kongo

Puluhan di antaranya adalah anak-anak.  "Tim PBB dapat memastikan bahwa antara 12 Maret dan 19 Juni,  sekitar 251 orang menjadi korban pembunuhan di luar hukum,” kata laporan dari kantor hak asasi manusia PBB.

"Ini termasuk 62 anak, yang berusia di bawah delapan tahun," tambah PBB, yang secara khusus menuduh agen pemerintah membunuh tujuh anak di bawah umur, demikian kantor berita AFP.

Sebelumnya, milisi di RD Kongo telah memenggal kepala sekitar 40 petugas polisi dalam serangan di Provinsi Kasai.

Baca: 38 Kuburan Massal Baru Ditemukan di RD Kongo

Sebelumnya, 38 kuburan massal baru telah ditemukan di Kasai, wilayah konflik bersenjata terparah RD Kongo tengah, demikian  dikatakan PBB.

Menurut AFP, sedikitnya 80 kuburan massal kini telah diidentifikasi PBB di wilayah Kasai, yang mengalami lonjakan kekerasan sejak September 2016.

Kekerasan itu melibatkan pasukan keamanan negara dan milisi suku. Masyarakat internasional telah menyuarakan kekhawatiran atas kekerasan tersebut.

Hingga sejauh ini, kekerasan di wilayah konflik Provinsi Kasai itu telah merenggut nyawa lebih dari 3.000 jiwa, demikian menurut statistik yang dikeluarkan gereja Katolik Roma setempat.

Pejabat lokal, mengatakan, anggota milisi dari kelompok Kamwina Nsapu menyerang sebuah konvoi polisi yang tengah menempuh perjalanan di antara wilayah Tshikapa dan Kananga.

Enam polisi yang dapat berbicara bahasa lokal Tshiluba dibebaskan, tetapi sisanya dibunuh, seperti disampaikan Presiden Majelis Kasai Francois Kalamba.

Baca: Sekitar 40 Polisi Dipenggal Milisi di RD Kongo

Kerusuhan di Kasai dimulai pada Agustus lalu, ketika pasukan keamanan menewaskan pemimpin Kamwina Nsapu.

Gubernur negara bagian Alexis Nkande Myopompa mengatakan sebuah penyelidikan terhadap pembunuhan polisi itu telah dilakukan.

PBB menyebutkan, 400 orang tewas dan 200.000 mengungsi di wilayah Kasai sejak Jean-Pierre Pandi, pemimpin Kamwina Nsapu tewas.

https://internasional.kompas.com/read/2017/08/04/16270231/pbb--250-orang-termasuk-62-anak-dibunuh-di-rd-kongo

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke