Salin Artikel

Dari Jubir hingga Kepala Staf, Mereka yang "Didepak" Presiden Trump

Scaramucci memecahkan rekor sebagai orang yang menduduki jabatan puncak dalam waktu tersingkat. Ia dipecat 10 hari setelah diumumkan sebagai Direktur Komunikasi Gedung Putih.

Baca: Baru 10 Hari Menjabat, Direktur Komunikasi Gedung Putih Dipecat Trump

Namun, sebelum itu, ada deretan panjang orang-orang di belakangnya yang sudah dipecat atau disingkirkan dari posisi mereka oleh Presiden Trump.

Inilah rincian apa saja yang mereka lakukan, dan mengapa mereka didepak, dimulai dengan Anthony Scaramucci yang dijuluki "The Mooch".

Anthony Scaramucci, Direktur Komunikasi - 31 Juli

Mantan pebisnis Wall Street itu telah mengenal Presiden Trump selama bertahun-tahun, dan habis-habisan membela sang presiden dalam berbagai wawancara di televisi.

Meski ia tidak lama mengemban tugas, namun dia menjadi pusat sorotan.

Dalam kicauan di Twitter, dia menuduh Kepala Staf lama Reince Priebus bertanggung jawab atas kebocoran informasi Gedung Putih, sekaligus melontarkan ancaman.

Belakangan kicauan di Twitter tersebut lalu dihapus.

Scaramucci lalu menyerang Priebus dan penasihat senior Presiden Trump Steve Bannon dengan kata-kata kasar dalam percakapan di telepon, saat wawancara dengan seorang reporter dari majalah New Yorker.

Mengapa ia dipecat?

Meski ia bersesumbar atasan langsungnya adalah presiden, perilaku serampangan Scaramucci mungkin yang membuatnya tak bisa mendapat jabatan apa pun, sepanjang Jenderal John Kelly menjabat sebagai Kepala Staf baru Presiden Trump.

Baca: Jenderal Kelly, Kepala Staf Baru Trump Mulai Beraksi

Pengunduran diri Scaramucci diumumkan beberapa jam setelah Kelly dilantik untuk mengganti Priebus.

Pihak Gedung Putih mengatakan, Trump yakin komentar-komentar yang dilontarkan Scarantocci "tidak pantas".

Masa jabatan?

Sepuluh hari. Meskipun tanggal mulai resminya adalah 15 Agustus, - jadi mungkin masa jabatannya justru minus 15 hari.

Reince Priebus, Kepala Staf - 28 Juli

Mantan Ketua Komite Nasional Partai Republik tersebut adalah salah satu dari sedikit veteran Washington yang mendapat peran penting dalam pemerintahan Trump di Gedung Putih,

Namun sayangnya, dia dinilai tidak tegas menunjukkan wibawanya.

Ia berjuang dengan persaingan kekuasaan dalam sebuah pemerintahan di mana putri Trump, Ivanka, dan menantu laki-lakinya, Jared Kushner, memainkan berbagai peran kunci.

Mengapa ia dipecat?

Presiden Trump kehilangan kepercayaan pada dirinya, dan jelas menginginkan perubahan di Gedung Putih, dengan memilih seorang jenderal untuk menggantikan Priebus yang terlihat lemah.

Pengumuman tersebut juga muncul saat Republik gagal dalam upaya mereka mencabut Obamacare di Senat.

Masa jabatan?

Enam bulan.

Sean Spicer, Sekretaris Pers - 21 Juli

Spicer mulai terkenal dengan jabatannya sebagai Sekretaris Pers Gedung Putih setelah melakukan pembelaan soal klaim jumlah kerumunan orang yang menghadiri pelantikan Presiden Trump.

Sejalan dengan tugasnya di belakang podium,  namanya kian tenar, dan bahkan diparodikan di acara Saturday Night Live.

Mengapa ia mundur?

Tidak seperti pejabat-pejabat lainnya yang ada dalam daftar orang yang dipecat, Spicer mundur secara baik-baik.

Ia mengundurkan diri setelah Scaramucci ditunjuk untuk menjalankan tugas yang sebagian ia lakukan. Dia mengatakan tidak ingin ada "terlalu banyak koki di dapur".

Sarah Huckabee Sanders juga telah mengambil alih banyak peran Spicer dalam melakukan konferensi pers.

The New York Times melaporkan, Spicer dengan 'berapi-api' menunjukkan ketidaksetujuannya atas pengangkatan Scaramucci, yang ia yakini sebagai sebuah 'kesalahan besar.'

Masa jabatan?

Enam bulan.

James Comey, Direktur FBI - 9 Mei

Comey memainkan peran dramatis dan kontroversial pada tahap akhir pemilihan presiden saat ia mengumumkan (seminggu sebelum pemungutan suara), bahwa FBI telah membuka kembali penyelidikan tentang email email pribadi Hillary Clinton.

Ia awalnya dikritik oleh Demokrat karena mengumumkan penyelidikan pada saat yang tidak tepat.

Lalu seminggu kemudian dikecam Partai Republik karena mengatakan bahwa Clinton tak akan dipidanakan.

Namun, Trump sangat memuji Direktur FBI ini, dengan mengatakan bahwa ia "sangat berani dalam mengumumkan penyelidikan itu".

Trump juga menilai dia telah mengembalikan reputasinya. Bahkan, Trump pun mencium Comey di Gedung Putih.

Namun Presiden tak lagi terlalu menghargainya saat Direktur FBI ini memimpin penyelidikan dugaan hubungan antara kampanye Trump dan Rusia.

Mengapa ia dipecat?

Pemerintahan Trump pertama-tama mengklaim bahwa penanganan Comey atas penyelidikan email Clinton membuatnya tidak dapat lagi memimpin biro tersebut.

Trump mengaku telah bertindak atas dasar rekomendasi wakil jaksa agung.

Namun Trump segera membantahnya, dalam sebuah wawancara TV Trump menyebut Comey sebagai seorang "pemain panggung."

Lalu belakangan terungkap bahwa Trump mengatakan kepada para pejabat Rusia bahwa pemecatan Comey meringatkan 'beban berat' yang dipikulnya selama ini.

Masa jabatan?

Tiga tahun, delapan bulan. Kurang dari empat bulan dari masa jabatan kepresidenan Trump.

Michael Flynn, Penasihat Keamanan Nasional, 14 Februari

Secara teknis, Michael Flynn mengundurkan diri, karena diminta melakukannya oleh presiden.

Pengunduran dirinya menyusul terungkapnya skandal bahwa ia memperdaya para pejabat Gedung Putih, termasuk wakil presiden, atas kontaknya dengan Duta Besar Rusia Sergei Kislyak.

Flynn dikatakan telah membahas sanksi AS terhadap Rusia dengan Dubes Rusia Kislyak sebelum Trump menjabat.

Trump diberitahu tentang kemungkinan bahwa Flynn jadi rentan pemerasan, karena Moskwa tahu ia berbohong.

Namun, 18 hari berlalu sebelum presiden memecatnya, memunculkan pertanyaan tentang apa yang sesungguhnya diketahui presiden.

Mengapa ia dipecat?

Bagi warga negara biasa melakukan diplomasi atas nama negara AS adalah tindakan ilegal.

Flynn dikatakan telah berbohong tentang kontaknya dengan Kislyak. Sehingga, tidak ada pertanyaan lagi mengapa ia harus mundur.

Kalau pun ada yang bisa dipertanyakan adalah, mengapa butuh waktu begitu lama untuk memecatnya?

Sekretaris Pers Gedung Putih Sean Spicer mengatakan, Presiden memerlukan waktu untuk menyelidiki Flynn dan menetapkan kesalahannya.

Namun skandal tersebut memicu spekulasi tajam mengenai apa yang diketahui Presiden tentang kontak Flynn dengan Kislyak.

Masa jabatan?

23 hari.

Sally Yates, Pejabat Sementara Jaksa Agung, 31 Januari

Presiden Trump memecat Sally Yates setelah ia mempertanyakan legalitas larangan masuk yang diterapkan Trump terhadap tujuh negara berpenduduk mayoritas Muslim.

Yates, yang ditunjuk oleh Presiden Barack Obama, yakin bahwa itu adalah tindakan diskriminatif terhadap umat Islam.

Dia memerintahkan para pengacara Departemen Kehakiman untuk tidak melaksanakan Perintah Eksekutif tersebut.

Akibatnya, dalam waktu beberapa jam ia dipecat.

Mengapa ia dipecat?

Dalam pernyataannya Gedung Putih mengatakan Yates telah mengkhianati Departemen Kehakiman dengan menolak untuk melaksanakan ketetapan hukum yang dirancang untuk melindungi warga Amerika Serikat.

Mereka juga menggambarkan Yates sebagai figur yang lemah dalam soal perbatasan dan sangat lemah dalam hal imigrasi ilegal.

Namun, Yates juga yang memberi tahu penasihat Gedung Putih bahwa Michael Flynn telah memperdaya Wakil Presiden soal komunikasinya dengan Duta Besar Kislyak dan menimbulkan risiko pemerasan oleh Rusia.

Pemecatan pejabat di era Obama yang telah secara terbuka menentangnya tentu saja kurang kontroversial dibanding pemberhentian Comey.

Namun kebijakan semacam itu tetap mendapat kritik keras dari Demokrat, yang mengatakan bahwa Yates telah melakukan tugasnya dengan baik, dalam menangani larangan perjalanan.

Masa jabatan?

10 hari.

Preet Bharara, Jaksa Dederal New York, 11 Maret

Bukan hal yang istimewa jika jaksa yang ditunjuk oleh pemerintahan sebelumnya diganti saat Gedung Putih berpindah tangan.

Namun Preet Bharara yang sangat dihormati telah diberitahu secara khusus oleh pemerintahan Trump bahwa ia akan terus menjabat sebagai jaksa.

Bharara telah membangun reputasinya sebagai "Sheriff Wall Street" setelah melakukan sejumlah penuntutan agresif terhadap para pebisnis.

Pada saat pemecatannya, ia tengah menangani sejumlah kasus yang melibatkan tokoh-tokoh penting, termasuk penyelidikan terhadap dana kampanye Wali Kota New York City Bill de Blasio.

Juga, tuduhan pelecehan seksual di stasiun televisi favorit Trump, Fox News.

Mengapa ia dipecat?

Bharara adalah satu dari 46 jaksa yang diminta untuk mengundurkan diri dari pemerintahan Trump.

Alasannya, dia adalah bagian dari perubahan biasa dalam lingkungan jaksa.

Namun ada spekulasi di kalangan Demokrat dan yang lainnya bahwa yurisdiksi Bahara, yang antara lain mencakup Trump Tower, mungkin ini menjadi perhatian presiden.

Beberapa hari sebelum dipecat, tiga tim kode etik menulis surat terbuka yang meminta Bharara untuk menyelidiki apakah perusahaan Trump yang berada di wilayah hukumnya telah menerima pembayaran dari luar negeri.

Sementara itu, sebuah penyelidikan ProPublica mengungkapkan bahwa Bharara sedang menangani penyelidikan perdagangan saham oleh menteri kesehatan Trump yaitu Tom Price.

Tiga senator Demokrat menyurati Jaksa Agung Jeff Sessions yang memintanya untuk menyelidiki pemecatan Bharara.

Masa jabatan?

Tujuh tahun, tujuh bulan.

Paul Manafort, manajer kampanye Trump, 19 Agustus 2016

Paul Manafort, seorang operator politik Partai Republik kawakan, seharusnya menangani kekisruhan di sekitar Trump, namun akhirnya terpuruk.

Ia dipecat setelah lima bulan terlibat dalam kampanye Trump, tiga bulan menduduki sebagai ketua kampanye.

Mengapa ia dipecat?

Tim kampanye Trump tidak memberi alasan atas pengunduran diri Manafort, mereka hanya memberi ucapan selamat dalam pernyataannya.

Namun gelombang berbagai laporan dalam seminggu sebelum pengumuman tersebut menuding Manafort menerima uang pembayaran tunai rahasia dari sebuah partai politik Ukraina pro-Rusia untuk mewakili kepentingan Rusia di Ukraina dan AS.

Saat Manafort menjalankan kampanye, Partai Republik mengubah bahasa dalam manifesto partai mengenai konflik di Ukraina, menghapus sentimen anti-Rusia, yang diduga atas pesanan dua perwakilan kampanye Trump.

https://internasional.kompas.com/read/2017/08/04/08105991/dari-jubir-hingga-kepala-staf-mereka-yang-didepak-presiden-trump

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke