Salin Artikel

NASA Tawarkan Gaji Rp 2,5 Miliar untuk Staf Pelindung Bumi yang Baru

Posisi dengan nama "petugas pelindung planet" itu  akan bertugas memastikan agar berbagai benda atau entitas asing di angkasa luar tak mencemari Bumi.

Bagi kandidat yang diterima bekerja, NASA menawarkan gaji sebesar 187.000 dolar AS atau sekitar Rp 2.5 miliar setahun plus berbagai bonus dan tunjangan.

"Petugas perlindungan planet bekerja memastikan agar konstituen organik dan kontaminasi biologis dari manusia atau wahana eksplorasi angkasa tak mencemari planet-planet, termasuk Bumi," demikian isi iklan lowongan pekerjaan ini.

Baca: NASA Ciptakan Kebun untuk Astronot di Mars

Pekerjaan dengan masa kontrak selama tiga tahun dan bisa diperpanjang menjadi lima tahun ini diciptakan setelah AS meneken Kesepakatan Angkasa Luar 1967.

Hanya ada satu tempat lain di dunia yang memiliki posisi pekerjaan ini yaitu di Badan Angkasa Luar Eropa.

Hal itu disampaikan Catherine Conley, petugas pelindung planet NASA hingga 2014 sebelum dipindahkan ke Badan Jaminan Keselamatan Misi NASA.

Catherine menjelaskan, berdasarkan kesepakatan 1967 setiap misi ke angkasa luar harus dipastikan memiliki kurang dari  satu per 10.000 peluang terkontaminasi benda asing luar angkasa.

Pekerjaan ini termasuk memastikan sebuah robot atau wahana antariksa yang bertugas melintasi dan mengambil gambar sebuah planet tak akan menyebarkan kontaminasi berbahaya.

Kandidat yang terpilih untuk pekerjaan ini akan bekerja melindungi Bumi dari potensi kontaminasi dari planet lain, misalnya Mars.

Staf baru ini kemungkinan besar akan menjadi bagian dari misi ekspedisi NASA ke Europa, salah satu bulan planet Jupiter.

Misi Europa Clipper bernilai 2,7 miliar dolar AS itu akan memetakan permukaan bulan dan menganalisa apakah Europa bisa ditinggali manusia.

Wahana angkasa ke Europa kemungkinan besar akan mengalami pendaratan yang kasar dan ini adalah situasi yang harus dipersiapkan seorang penjaga planet yang baru.

Lalu apa persyaratan bagi mereka yang ingin melamar pekerjaan ini? Para kandidat harus memiliki pengalaman minimal satu tahun sebagai pegawai negeri di level atas dan memiliki kemampuan ilmu fisika tingkat lanjut.

Baca: Uji Keselamatan Penerbangan, NASA Sengaja Jatuhkan Sebuah Boeing

Kandidat juga harus menguasai matematika, ilmu teknik serta memiliki "pengetahuan mendalam" soal perlindungan planet.

Pelamar juga harus memiliki kemampuan berdiplomasi dalam situasi sulit dan perdebatan multilateral yang rumit.

Sayangnya, lowongan unik ini hanya disediakan untuk warga negara Amerika Serikat.

https://internasional.kompas.com/read/2017/08/02/22391031/nasa-tawarkan-gaji-rp-2-5-miliar-untuk-staf-pelindung-bumi-yang-baru

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke