Salin Artikel

Rusia Gelar Parade Angkatan Laut Besar-besaran

Sebanyak 50 kapal perang dan kapal selam unjuk gigi di Sungai Neva dan Teluk Filandia di lepas pantai kota terbesar kedua Rusia, St Petersburg setelah Putin memerintahkan parade dalam skala besar.

"Hari ini terlihat sudah banyak yang dilakukan untuk mengembangkan dan memodernkan AL," kata Putin kepada para personel angkatan laut.

"AL tidak hanya menangani tugas-tugas tradisional tetapi juga menjawab berbagai tantangan baru yaitu memberi kontribusi dalam memerangi terorisme dan bajak laut," tambah Putin.

Baca: Dalam Seminggu, Militer Rusia Bunuh 600 Teroris ISIS di Suriah

Parade ini digelar sekaligus untuk merayakan Hari Angkatan Laut dan menunjukkan kekuatan militer Rusia.

Hal serupa juga dilakukan Putin setiap merayakan hari kemenangan Perang Dunia II yang selalu diwarnai dengan parade militer besar-besaran.

Rusia terus meningkatkan manuver militernya di saat hubungan dengan negara-negara Barat memburuk terkait campur tangan Moskwa di Ukraina dan berupaya melemahkan anggota NATO di Eropa Timur.

Parade AL dalam skala lebih kecil digelar di wilayah kantung Rusia Kaliningrad di Laut Baltik hingga di Semenanjung Crimea dan Vladivostok di wilayah timur jauh negeri itu.

Untuk kali pertama, Rusia juga menggelar parade kekuatan angkatan lautnya di pangkalan AL di Tartus, Suriah di mana kapal-kapal perang negeri itu memainkan peran penting dalam mendukung operasi militer di Suriah.

Kantor berita Rusia Intefax mengabarkan, sebanyak enam kapal perang termasuk kapal selam disel generasi terbaru Krasnodar, ambil bagian dalam paradi di Tartus itu.

Baca: Studi: Militer Rusia Bisa "Gulung" Polandia dalam Semalam

https://internasional.kompas.com/read/2017/07/30/17302861/rusia-gelar-parade-angkatan-laut-besar-besaran

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke