Salin Artikel

Meski Ditekan Saudi, Qatar Berjanji Tetap Bantu Hamas

Komitmen itu tetap dijalankan meski Qatar sedang mendapat tekanan dari Arab Saudi dan sekutunya, yang menuduhnya itu mendukung ekstremisme.

Kantor berita Perancis, AFP, Rabu (12/7/2017), melaporkan, untusan Qatar itu berbicara di samping seorang pejabat tinggi PBB Mohammed al Amadi.

Menurut dia, Qatar akan terus mendanai proyek-proyek di Gaza terlepas dari sanksi oleh Arab Saudi dan sekutunya dalam beberapa pekan terakhir.

Baca: Krisis Qatar, Sekadar Perang Opini dan Persepsi?

"Kami datang untuk menjamin Anda bahwa kami berdiri dan akan terus berdiri dengan warga Palestina yang terkepung dan kami akan melanjutkan proses rekonstruksi," kata utusan Qatar itu dalam sebuah konferensi pers di Gaza City, Selasa (11/7/2017).

"Kebijakan Qatar adalah untuk mendukung rakyat dan pemerintahan resmi. Kami tidak mendukung Hamas, kami mendukung Hamas sebagai bagian dari rakyat Palestina," katanya.


Pada 5 Juni, Arab Saudi dan sekutunya memutuskan seluruh hubungan diplomatik dengan Qatar, menuduh negara kaya gas itu mendanai kelompok "ekstremis", termasuk Hamas.

Gerakan Islam Hamas sudah menguasai Gaza sejak 2007, tetapi masih dianggap sebagai kelompok teroris oleh Amerika Serikat (AS), Uni Eropa dan Israel.

Baca: Simaklah, 10 Pemicu Krisis Diplomatik di Qatar

Pemerintah resmi Palestina berbasis di wilayah Tepi Barat yang dikuasai Israel dan dipimpin oleh rival Hamas, Fatah.

Qatar menjanjikan satu miliar dolar AS untuk membantu rekonstruksi Gaza setelah perang 2014 dengan Israel.

Nickolay Mladenov, utusan PBB untuk Timur Tengah, berterima kasih kepada Qatar untuk "komitmen yang ditunjukkan selama bertahun-tahun untuk membantu rakyat Gaza."

https://internasional.kompas.com/read/2017/07/13/07002781/meski-ditekan-saudi-qatar-berjanji-tetap-bantu-hamas

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke