Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sekitar 22 Persen Masa Kerja Presiden Trump "Dibuang" di Lapangan Golf

Kompas.com - 10/07/2017, 17:13 WIB
Ervan Hardoko

Penulis

WASHINGTON DC, KOMPAS.com - Presiden Amerika Serikat Donald Trump baru berkuasa selama 170 hari tetapi dia sudah menghabiskan 22 persen waktunya di lapangan-lapangan golf.

Menurut riset yang dilakukan NBC News, Trump diketahui menghabiskan 37 hari dari seluruh 170 hari kerjanya di berbagai lapangan golf.

Pada Minggu (9/7/2017), sekembalinya dari KTT G20 di Jerman, Trump langsung melakukan perjalanan golf di Virginia.

Selain itu, Trump juga menghabiskan 51 hari kerjanya di berbagai properti milik pribadinya yang tersebar di seluruh Amerika Serikat.

Baca: Iran Gelar Pameran Kartun dengan Tema "Meledek" Donald Trump

Salah satu properti yang paling sering dikunjungi Trump adalah klub mewah Mar-a-Lago di Florida yang dikunjunginya sebanyak 25 kali. Selain itu, Trump juga tercatat empat kali mampir di hotel miliknya di Washington  DC.

Tak hanya itu, Trump juga tercatat berkunjung selama 37 kali ke berbagai lapangan golf miliknya di berbagai penjuru Amerika.

Hal ini menjadi ironis karena selama kampanye Trump mendorong rakyat untuk memilihnya karena dia akan bekerja keras dan jarang meninggalkan Washington DC.

Dia bahkan berjanji tak akan berlibur atau main golf karena sebagai presiden banyak pekerjaan yang harus diselesaikannya.

"Saya suka golf tetapi jika saya di Gedung Putih, maka saya kira saya tak akan bermain golf lagi. Saya hanya akan tinggal di Gedung Putih dan bekerja," ujar Trump setahun lalu.

Bahkan, sebelum menjadi presiden, Trump kerap mengkritik Presiden Barack Obama yang disebutnya terlalu sering bermain golf dan berlibur.

Ironisnya, menurut The New York Times, Trump tercatat lebih banyak mengunjungiu lapangan golf dibanding tiga presiden pendahulunya.

Politifact bahkan mencatat, di kurun waktu yang sama Obama hanya tercatat satu kali bermain golf dibanding Trump yang sudah melakukannya sebanyak 15 kali.

Trump juga kerap mengunjungi Mar-a-Lago, properti mewah miliknya di Florida yang dia sebut sebagai "Gedung Putih di Selatan" dan klub-klub lain miliknya hampir di setiap pekan.

Di Mar-a-Lago pula Trump menjamu sejumlah pemimpin dunia seperti Presiden China Xi Jinping dan PM Jepang Shinzo Abe.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com