Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Korea Utara Kembali Luncurkan Misil Balistik

Kompas.com - 04/07/2017, 09:57 WIB
Ervan Hardoko

Penulis

Sumber AFP

SEOUL, KOMPAS.com - Korea Utara, Selasa (4/7/2017), kembali meluncurkan misil balistiknya beberapa hari setelah pertemuan Presiden Moon Jae-in dan Presiden AS Donald Trump.

Militer Korea Selatan mengatakan, misil yang belum teridentifikasi jenisnya itu diluncurkan dari sebuah lokasi dekat Panghyon, provinsi Phyongan Utara.

"Misil ini terbang sejauh ratusan meter dan jatuh di Laut Timur (Laut Jepang)," demikian pernyataan Panglima Angkatan Bersenjata Korea Selatan.

Misil tersebut kemungkinan jatuh di zona ekonomi eksklusif (ZEE) Jepang setelah terbang selama 40 menit, durasi terbang yang cukup lama.

Baca: Trump: Kesabaran Kami Menghadapi Korea Utara Sudah Habis

"Peluncuran misil balistik ini tak bisa lagi ditoleransi, dan Jepang mengecam keras Korea Utara," kata Sekretaris Kabinet Jepang Yoshihide Suga.

Sementara itu, Pyongyang mengatakan, negeri itu membutuhkan senjata nuklir untuk mempertahankan diri dari ancaman invasi.

Uji coba misil balistik ini jauh meningkat sejak Moon Jae-in, terpilih menjadi presiden Korea Selatan pada Mei lalu.

Menanggapi uji coba misil terbaru ini, Presiden Moon langsung menggelar rapat Dewan Keamanan Nasional.

Sebelumnya saat menerima kunjungan kerja Presiden Moon Jae-in di Washington DC akhir pekan lalu, Presiden Trump mengatakan sudah kehabisan kesabaran menghadapi Korea Utara.

"Bersama, kita menghadapi rezim Korea Utara yang brutal dan ceroboh. Program misil dan nuklir negeri itu harus dihadapi dengan respon tegas," kata Trump.

"Rezim Korea Utara tak menghargai keamanan dan keselamatan warganya, negeri tetangganya dan tak menghargai nyawa manusia," ujar Trump lagi.

Baca: Presiden Trump Sebut Korea Utara Sebagai Rezim Brutal

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com