Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pembunuh Berantai Inggris Sudah 39 Tahun Hidup di Sel Isolasi

Kompas.com - 29/06/2017, 16:09 WIB
Ervan Hardoko

Penulis

LONDON, KOMPAS.com - Seorang pembunuh berantai Robert Maudsley yang dijuluki Hannibal si Kanibal, mencatatkan rekor selama menjalani hukuman di lapas HMP Wakefield, Yorkshire Barat, Inggris.

Maudsley (64) tercatat sudah mendekam di sel isolasi selama 39 tahun atau 14.235 hari, setelah membunuh empat orang termasuk tiga orang sesama narapidana.

Maudsley menghabiskan 23 jam di "kandang" sebutan sel isolasi yang dibuat dari kaca tahan peluru dengan perabotan berbahan kardus yang dipadatkan.

Setiap hari Maudsley diizinkan melakukan olahraga selama satu jam dengan pengawalan ketat enam orang penjaga bersenjata lengkap.

Sel itu khusus dibuat untuk Maudsley pada 1983 setelah dia secara resmi dinyatakan sebagai narapidana paling berbahaya di Inggris.

Baca: Pembunuh Berantai di Virginia Disuntik Mati

Maudsley, asal Liverpool, membunuh korban pertamanya John Farrell di London pada 1973 yang menyewanya untuk hubungan seksual.

Maudsley mengklaim Farrell memperlihatkan kepadanya beberapa foto anak-anak yang sudah pernah dia lecehkan.

Maudsley kemudian dijatuhi hukuman seumur hidup. Namun, kuasa hukumnya meyakinkan pengadilan bahwa Maudsley mengalami gangguan kejiwaan.

Dia kemudian dikirim ke RSJ Broadmoor. Namun pada 1977 di rumah sakit itu, Maudsley dan rekan sesama narapidana menyandera seorang terpidana paedofilia.

Maudsley kemudian membunuh sanderanya setelah terlebih dulu menyiksa dia selama sembian jam.

Saat petugas rumah sakit bisa masuk ke kamar Maudsley, mereka menemukan korban tewas dengan sendon menancap di kepalanya dan sebagian otaknya hilang.

Rumor kemudian berkembang bahwa Maudsley telah menyantap otak si paedofil. Kisah inilah yang kemudian memberinya julukan "Si Kanibal Pembunuh".

Setelah insiden mengerikan itu, Maudsley kemudian ke LP Wakefield. Namun di tempat itu Maudsley kembali beraksi.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com