Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dipimpin Ustaz Khusus, WNI di London Tunaikan Shalat Id

Kompas.com - 25/06/2017, 19:30 WIB
Erwin Hutapea

Penulis

LONDON, KOMPAS.com – Pada hari Minggu ini umat Islam di seluruh dunia merayakan Idul Fitri 1438 Hijriah. Perayaan itu juga dilaksanakan di London, Inggris, termasuk oleh warga negara Indonesia yang tinggal di sana.

Sesuai jadwal, WNI di London menunaikan shalat Id di Wisma Nusantara, Kedutaan Besar Republik Indonesia di London, pukul 10.00-11.00 waktu setempat.

“Shalat Id kali ini dipimpin oleh Ustaz Karim Suryadi yang didatangkan khusus dari Indonesia selama bulan Ramadhan ini,” ujar Ahmad Bukhori, Sekretaris Indonesian Islamic Centre di London, ketika dihubungi Kompas.com, Minggu (25/6/2017) siang WIB.

Menurut pria yang bekerja jarak jauh untuk yayasan independen Hoshizora di Yogyakarta itu, setelah shalat Id dilanjutkan dengan acara open house berupa halalbihalal dan temu masyarakat di kediaman Duta Besar RI untuk Inggris pada pukul 11.00-14.00 waktu lokal.

“Acara halalbihalal dan ramah tamah dengan masyarakat dipimpin langsung oleh Duta Besar RI untuk Inggris Rizal Sukma dan Kepala Perwakilan RI di London Endy Dwi Tjahyono,” kata Ahmad Bukhori.

Dia menambahkan, menurut perhitungan panitia, rangkaian acara shalat Id dan perayaan Idul Fitri tahun ini dihadiri oleh 1.152 jemaah. Lokasinya ada di lapangan belakang rumah Dubes, serta dipasang tenda khusus di lapangan tersebut.

Ahmad Bukhori Warga negara Indonesia melakukan halalbihalal dalam perayaan Idul Fitri 1438 Hijriah di KBRI London, MInggu (25/6/2017).

Selain itu, menurut dia, pelaksanaan shalat Id yang jumlah jemaahnya lebih besar lagi ada di Central Mosque London.

“Kalau yang paling besar ada di Central Mosque London. Bahkan jadwalnya bisa enam kali shalat Id pada hari yang sama,” tutur pria yang dipanggil dengan nama Bukhori itu.

Sementara untuk pengamanan, kata dia, pihak kepolisian London saat ini lebih memperketat lokasi-lokasi pelaksanaan ibadah. Hal itu mengingat sejumlah insiden terorisme yang terjadi dalam beberapa bulan terakhir di Eropa.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com