Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penutupan "Al Jazeera" Jadi Salah Satu Syarat Pencabutan Isolasi Qatar

Kompas.com - 23/06/2017, 10:43 WIB

RIYADH, KOMPAS.com - Pemerintah Arab Saudi dan negara-negara Teluk yang memutus hubungan diplomatik dengan Qatar, Kamis (22/6/2017), memberikan daftar pernyaratan yang harus dipenuhi Qatar untuk mengakhiri masalah ini.

Beberapa syarat itu adalah Qatar harus menutup operasi stasiun televisi Al Jazeera dan semua afiliasinya, memutus hubungan diplomatik dengan Iran, dan menutup pangkalan militer Turki.

Baca: Arab Saudi dan Sekutunya Siap Ajukan Tuntutan ke Qatar

Dalam 13 syarat, yang disampaikan dilegasi Kuwait yang menjadi penengah krisi ini, negara-negara Teluk juga menuntut Qatar memutus hubungan dengan Ikhwanul Muslimin.

Selain itu Qatar juga diminta menghentikan dukungannya untuk Hezbollah, Al-Qaeda, dan Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS).

Tak hanya itu, Qatar juga diminta tidak melakukan naturalisasi warga negara dari Arab Saudi, Mesir, Uni Emirat Arab, dan Bahrain.

Qatar juga harus memulangkan warga keempat negara tersebut dalam apa yang disebut sebagai mencegah Qatar mencampuri urusan dalam negeri negara lain.

Qatar juga didesak agar menyerahkan setiap orang yang menjadi buronan kasus terorisme di keempat negara itu, menghentikan pendanaan organisasi yang dianggap sebagai entitas teror oleh AS.

Qatar juga diminta menyediakan data rinci soal sosok-sosok oposisi yang dibiayai negara itu terutama yang berada di Arab Saudi, Mesir, UEA, dan Bahrain.

Baca: Semua Unta dan Domba Qatar Diusir dari Padang Arab Saudi

Keempat negara pengisolasi Qatar meminta negeri itu memenuhi semua persyaratan tersebut dalam waktu 10 hari termasuk membayar kompensasi yang jumlahnya belum ditentukan.

Jika Qatar sepakat menjalankan semua persyaratan itu, maka keempat negara pengisolasi akan evaluasi sebulan sekali selama satu tahun pertama dan tiap empat bulan di tahun kedua.

Selanjutnya, selama 10 tahun berikutnya Qatar akan dipantau dan dievaluasi setiap satu tahun terakhir.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com