Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hakim AS Batalkan Deportasi 114 Warga Irak

Kompas.com - 23/06/2017, 10:17 WIB

NEW YORK,  KOMPAS.com – Hakim distrik federal di Detroit, AS, Kamis (22/6/2017) waktu setempat, membatalkan deportasi 114 warga negara Irak.

Lebih dari 100 warga Irak itu ditangkap dalam operasi oleh petugas Imigrasi dan Bea Cukai federal di dan sekitar Detroit bulan ini, seperti dilaporkan The Guardian dari New York, Jumat (23/6/2017).

Pihak pengacara berpendapat, sebagian besar orang Kristen Kaldea (Khaldea), Babilonia selatan, Irak, yang ditangkap dalam serangkaian penggerebekan di Detroit, bakal menghadapi kematian atau penganiayaan jika mereka kembali ke Irak.

Baca: Paskah di Irak Dibayangi Pemusnahan Komunitas Kristen

Mereka yang ditangkap telah perintahkan untuk deportasi dan memiliki putusan pidana yang tertunda. Namun, pengacara mempersoalkannya karena pemulangan berarti kematian.

Sebab, demikian pengacara, kelompok penjahat Negara Islam di Irak dan Suriah (ISIS) dan kelompok jihad lainnya masih menargetkan orang-orang Kaldea dan kelompok Kristen lainnya.

Dalam gugatan class action yang diajukan oleh American Civil Liberties Union (ACLU) terhadap pihak imigrasi, pengacara mengatakan, sebagian besar dari 114 orang telah berpuluh-puluh tahun di AS.

Baca: Duduki Kota Kristen, ISIS Singkirkan Salib dan Bakar Manuskrip

Lalu, sekarang otoritas AS bermaksud “akan segera mengevakuasi mereka Irak, dan mereka mungkin akan mengalami penyiksaan sesungguhnya, penyiksaan atau kematian," kata pengacara.

Hakim Mark Goldsmith mengatakan dalam sebuah amar putusannya pada Kamis bahwa mereka yang ditangkap tidak akan dideportasi setidaknya selama dua minggu ke depan.

 Pada akhir periode tersebut, Goldsmith akan membuat keputusan baru.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com