Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

ISIS Ledakkan Masjid Nuri, Tempat Lahir Kekhalifahan Mereka di Mosul

Kompas.com - 22/06/2017, 09:31 WIB

BAGHDAD, KOMPAS.com – Gerombolan penjahat Negara Islam di Irak dan Suriah (ISIS), Rabu (21/6/2017), meledakkan masjid ikonik Mosul, Irak utara, yang digunakan pemimpin mereka, Abu Bakar al-Baghdadi, untuk mengumumkan dirinya sebagai “khalifah” pada 2014.

Militan ISIS itu meledakkan masjid Nuri (al-Nuri) dan menara miringnya yang sangat bersejarah dan ikonik bagi warga Mosul, yang disebut menara Hadba (al-Hadba). Masjid Nuri merupakan tempat kelahiran kekhalifahan versi ISIS.

Penampilan langka Baghdadi pada Juli 2014 itu merupakan satu-satunya penampilan di depan publik, yang tak pernah ulanginya setelah itu, sampai akhirnya dilaporkan tewas oleh serangan udara Rusia.

Kelompok ISIS dengan cepat mengeluarkan pernyataan melalui kantor berita Amaq,yang menjadi corong propagandanya, dengan masjid itu diledakkan oleh serangan AS, seperti dilaporkan kantor berita Agence France-Presse, Kamis (22/6/2017).

Baca: ISIS Bunuh Ratusan Warga Mosul, Mayat Digantung di Tiang Listrik

Namun, koalisi pimpinan AS tersebut mengecam penghancuran tersebut sebagai sebuah kejahatan terhadap "orang-orang Mosul dan seluruh Irak".

"Pasukan kami maju menuju sasaran mereka jauh di Kota Tua dan ketika mereka tiba dalam jarak 50 meter dari masjid Nuri, Daesh (ISIS) melakukan kejahatan historis lainnya dengan meledakkan masjid itu dan menara Hadba,” kata Letnan Jenderal Abdulamir Yarallah, komandan serangan Mosul, dalam sebuah pernyataan.

Peledakan masjid bersejarah dan paling dikenal di Mosul itu terjadi pada hari keempat serangan Irak yang didukung koalisi pimpinan AS untuk merebut Kota Tua, benteng pertahanan terakhir ISIS.

Tindakan brutal ISIS itu menambah panjang daftar situs warisan dan monumen Irak yang telah hancur oleh gerombolan penjahat di Irak dan Suriah sejak Baghdadi memprolamirkan "kekhalifahan"-nya yang menguasasi sebagian besar wilayah di kedua negara.

Baca: Aksi "Sniper" ISIS Hambat Gerak Maju Pasukan Irak di Mosul

Baghdadi memproklamirkan "kekhalifahan" ISIS pada 4 Juli 2014, setelah menguasai wilayah Sunni Arab, sebuah eksperimen yang belum pernah terjadi sebelumnya dalam kenegaraan jihadis ISIS.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com