Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pelaku Serangan Brussels Tidak Berkaitan dengan Terorisme

Kompas.com - 22/06/2017, 05:50 WIB

BRUSSELS, KOMPAS.com - Pihak berwenang Belgia, Rabu (21/6), mengatakan, pelaku serangan teroris yang gagal, Selasa (20/6/2017), di sebuah stasiun kereta di Brussels tidak memiliki sejarah terkait terorisme.

Juru bicara Kantor Jaksa Federal, Eric Van der Sypt, mengidentifikasi pria asal Maroko itu sebagi OZ, berusia 36 tahun, ketika jaksa tersebut berbicara kepada wartawan.

"Dia tak masuk daftar yang dicurigai kepolisian terkait aksi terorisme," tambah Eric Van der Sypt, sambil mengatakan, polisi telah menggeledah tempat tinggal pria itu seperti dilaporkan Agence France-Presse.

Baca: Tentara Belgia Tembak Mati Terduga Pengebom Bunuh Diri

Serangan itu terjadi di stasiun Sentral Brussels. Pihak berwenang mengatakan pria itu mendekati sekelompok penumpang, berteriak dan kemudian berusaha meledakan tasnya.

Pria itu kemudian lari ke sebuah pelataran dan mengejar kepala stasiun. Pada saat itu, tasnya yang berisi paku dan tabung gas, meledak lebih dahsyat lagi.

Seorang tentara mengonfrontasinya dan menembaknya beberapa kali hingga tewas.

Tidak ada orang lain yang terluka dalam insiden itu. Insiden itu berlangsung pukul 9 malam waktu setempat, tepat setelah jam sibuk berakhir.

Brussels dalam keadaan siaga tinggi selama lebih dari 18 bulan terakhir, atau sejak militan Negara Islam di Irak dan Suriah (ISIS) yang berbasis di Molenbeek melangsungkan serangan di Paris yang menewaskan 130 orang pada November 2015.

Pada Maret 2016, serangan di bandara Zaventem dan sistem metro Maalbeek, Brussels, menewaskan 32 orang. 

Baca: Pelaku Serangan di Stasiun KA Brussels adalah Warga Maroko

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com