Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Makam Berusia 1.200 Tahun Ditemukan di Nikaragua

Kompas.com - 21/06/2017, 09:17 WIB

MANAGUA, KOMPAS.com - Pekerja konstruksi yang membangun stadion bisbol nasional baru di Nikaragua menemukan pemakaman berusia lebih dari 1.200 tahun.

Di makam itu terdapat sisa-sisa kerangka manusia dan terdapat pula banyak tembikar, demikian dilaporkan oleh kantor berita Perancis, AFP, Rabu (21/6/2017).

Beberapa pejabat setempat pada Selasa (20/5/2017) mengatakan, di situs pemakaman dari zaman pra-Kolombia itu ada guci keramik dan sisa-sisa kerangka manusia, seperti tengkorak dan tulang.

Baca: Hancurkan Makam Kuno, Polisi Syariah Saudi Dikecam

Bagian artefak yang ditemukan adalah "pemakaman yang tertata dari sekitar 800 sampai 350 tahun sebelum Masehi," kata Ivonne Miranda, Direktur Arkeologi di Kementerian Kebudayaan Nikaragua.

"Ini memberi kita masukan yang lebih baik tentang bagaimana sebenarnya masyarakat pra-Hispanik itu hidup" di daerah Managua modern, kata Miranda.

Barang-barang yang ditemukan akan dipamerkan di Museum Budaya Nasional, katanya.

Baca: Para Arkelog Temukan Kota Tua Mesir Berusia 7.000 Tahun

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com