Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Korban Tewas Kebakaran Hutan di Portugal Jadi 57 Orang

Kompas.com - 18/06/2017, 17:38 WIB

LISBON, KOMPAS.com - Pemerintah Portugal, Minggu (17/6/2017), mengatakan, korban tewas dalam kebakaran hutan di negeri itu melonjak menjadi 57 orang.

Sebagian besar korban tewas terpanggang dalam mobil mereka saat sedang mencoba melarikan diri dari kejaran api.

Sebanyak 600 pasukan dan 160 mobil pemadam kebakaran dikerahkan sejak Sabtu (17/6/2017) malam untuk mengatasi kebakaran yang terjadi di Pedrogao Grande sekitar 50 kilometer dari kota Coimbra.

Baca: Kebakaran Hutan di Portugal, 19 Tewas

"Ini adalah tragedi terbesar yang kita alami dalam beberapa tahun terakhir dalam hal kebakaran hutan," kata PM Antonio Costa.

"Jumat korban tewas masih mungkin bertambah. Prioritas saat ini adalah menyelamatkan warga yang masih terancam bahaya," tambah Costa.

Uni Eropa mengatakan, segera mengirimkan pesawat-pesawat pemadam kebakaran menyusul permintaan dari Portugal.

"Perancis menawarkan tiga pesawat dan akan langsung dikirimkan untuk membantu upaya pemerintah setempat," kata Komisioner Bantuan Kemanusiaan dan Manajemen Krisi UE Christos Stylianides.

Gelombang udara panas menyapu Portugal sepanjang akhir pekan ini dengan suhu udara mencapai 40 derajat Celcius di beberapa lokasi.

Sekitar 60 kebakaran hutan terjadi di beberapa desa sepanjang Sabtu malam dengan total 1.700 pemadam kebakaran mencoba menanggulangi api.

Baca: Kebakaran Hutan di Selandia Baru, 1.000 Orang Mengungsi

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com